Advertisements

Peringatan 50 tahun pendaratan manusia pertama di bulan

20 Juli 2019

Pada tanggal 20 Juli 1969 yang lalu, untuk pertama kalinya manusia meninjakkan kakinya di bulan. 50 tahun kemudian, Amerika Serikat mengumumkan untuk mendarat di bulan lagi pada tahun 2028. Demikian pula halnya dengan Tiongkok, mengumumkan untuk mendarat di bulan lagi pada tahun 2030. Perlombaan luar angkasa secara resmi dimulai. “Game ON”

Starlink

Pada tanggal 24 Mei tahun ini, SpaceX meluncurkan 60 satelit komunikasi dalam satu napas. Sebelum peluncuran, seluruh perusahaan menjaga kerahasiaan ini. Setelah satu setengah bulan berlalu, baru meriliskan berita. 3 satelit gagal dalam peluncuran. 57 lainnya beroperasi normal. Proyek ini disebut “StarLink”. Rantai Bintang.

Berbicara tentang kedirgantaraan komersial, kebanyakan orang cuma menaruh perhatian pada peluncuran roket. Namun kenyataannya, secara komersial, peluncuran roket hanya merupakan ujung gunung es. Gunung es yang sebenarnya berada di bawah air. Yaitu berbagai layanan satelit.

Dalam hal skala, ukuran pasar layanan satelit adalah 26 kali lipat dari skala peluncuran roket.

Dari perspektif pengaruh, layanan satelit memungkinkan 1 miliar orang lagi untuk mengakses Internet. Starlink nya SpaceX adalah tata letak utama Elon Musk dalam pasar besar layanan satelit.

Peluncuran roket itu seperti pengiriman barang, DHL. Menyediakan layanan kurir untuk meluncurkan satelit. Sedangkan, Layanan satelit lebih seperti Alibaba. Menyediakan segala layanan untuk pengguna online. Saat satelit beroperasi di ruang angkasa.

Layanan Satelit adalah bisnis besar

Peluncuran roket adalah layanan satu kali. Ruang pasar sekitar 10 miliar dolar. Layanan Satelit adalah layanan berkelanjutan. Volume sangat besar. Skala pasar sekitar $ 260 miliar.

Layanan satelit sebenarnya tidak asing bagi kita. Misalnya, GPS saat mengemudi. ini adalah semacam layanan satelit navigasi. Ramalan cuaca. Atau stasiun radio dan TV. Secara singkatnya, Navigasi, penginderaan jarak jauh, dan komunikasi adalah tiga area utama layanan satelit.

Dari perspektif modal, investasi terbesar di Tiongkok pada tahun 2018 adalah bidang satelit penginderaan jarak jauh dan komunikasi. Jumlah investasi di bidang ini sama dengan jumlah peluncuran roket. Satelit komunikasi cenderung mengubah lanskap industri komunikasi. Terutama di era 5G.

Komunikasi saat ini adalah lapisan jaringan di permukaan bumi. Setara dengan kereta api. Tergantung pada infrastruktur di lapangan. Antena terhubung ke menara. Antena terhubung ke stasiun pangkalan. Stasiun pangkalan terhubung ke kabel optic. Dan akhirnya jaringan tulang punggung Internet terhubungkan.

Satelit komunikasi setara dengan jaringan ruang tiga dimensi yang tersusun di luar angkasa. Dan permukaan bumi. Cara bekerjanya adalah mengirimkan sinyal dari permukaan bumi ke satelit di luar angkasa. Kemudian meneruskannya melalui satelit ke jaringan tulang punggung Internet. Ini lebih mendekati ke rute penerbangan. Dibandingkan dengan Era 4G, Era 5G membutuhkan banyak jaringan tiga dimensi.

5G

5G membutuhkan infrastruktur yang lebih intensif. Di area ukuran yang sama, untuk mencapai 5G, jumlah Base Transceiver Station atau disingkat BTS, yang dibutuhkan mencapai empat kali lipat dari Era 4G. Berarti untuk mencapai cakupan yang sama, 5G akan lebih sulit dan mahal. Satelit komunikasi adalah solusi untuk masalah ini.

Saat ini di Tiongkok, cakupan 4G dioperasikan melalui 4 juta menara. Dan jika adanya jaringan satelit komunikasi, hanya memerlukan 100 satelit. Untuk mencakup seluruh area Tiongkok. Jika secara global, berdasarkan basis satelit komunikasi sekarang ini masih dapat meningkatkan jangkauan 1 miliar orang lagi.

Sekarang investasi “BTS 4G’ sekitar 2 triliun dolar. Biaya investasi ke 5G, akan semakin tinggi. Artinya meningkat secara eksponensial. Proyek Elon Musk “Starlink”akan meluncurkan 12.000 satelit. Berapa perkiraan biaya keseluruhan? “10 miliar dolar”

Biaya pembuatan satu satelit berkisar antara $500.000 sampai $1 juta. Biaya peluncurannya relatif tinggi. Sekitar $12 juta hingga $ 16juta. Menurut perhitungan ini, biaya 100 satelit sekitar 17 Miliar dolar. Biaya ini jauh lebih rendah dibanding stasiun pangkalan. Maksudnya, menggunakan jaringan satelit komunikasi luar angkasa dapat mengurangi biaya hingga seratus kali lipat.

Tentu saja, bukan berarti satelit komunikasi dapat sepenuhnya menggantikan stasiun pangkalan terestrial. Seperti Saat ini, pesawat terbang belum dapat menggantikan kereta api. Pesawat terbang merupakan pelengkap kereta api. Masing-masing memiliki kelebihan. Dan kekurangannya sendiri.

Satelit komunikasi juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah sinyal transmisi tidak secepat stasiun pangkalan darat. Banyak aplikasi di Era 5G membutuhkan kecepatan transmisi data yang sangat tinggi. Seperti mengemudi otomatis.

SpaceX dan OneWeb

Sekarang, startup di bidang satelit komunikasi yang paling terkenal adalah, “SpaceX dan OneWeb.” Kita semua lebih akrab dengan SpaceX. Sedangkan, OneWeb adalah perusahaan patungan dengan Airbus. Berbasis di London, Inggris. Pendirinya, Greg Wyler. Ia telah lama berkecimpung di bidang komunikasi. Bekerja pada 3G dan kabel serat optik di pedesaan Afrika. Dan kemudian ke Rwanda untuk membuat layanan telepon.

Kekuatan keuangan OneWeb sangat kuat. Sejak didirikan pada tahun 2015, ia telah mendapatkan investasi sebesar 3.5 Miliar dolar. Seperti Airbus, Softbank, Qualcomm dan Coca-Cola. Rencana OneWeb adalah meluncurkan 650 satelit komunikasi orbit rendah. Dan saat ini telah meluncurkan 6 satelit.

Sebaliknya, SpaceX tidak hanya berambisi kuat. Elon Musk akan meluncurkan 12.000 satelit. Selangkah lebih maju dalam hal kapasitas dan eksekusi manufaktur. Dan untuk sekarang ini, Elon Musk telah meluncurkan 60 satelit di bulan Mei. Ini berarti Elon Musk telah mencapai produksi massal dalam produksi satelit. SpaceX memiliki lini produksi yang sangat lengkap.

Dengan kata lain, di masa lalu satu satelit hanya bisa diluncurkan pada satu waktu. Dan sekarang mereka dapat meluncurkan sedemikian banyak sekaligus. Ini adalah suatu kemajuan yang sangat penting. Untuk penyebaran skala besar jaringan konstelasi sejumlah besar satelit di masa depan.

Sedangkan di Tiongkok, Pada tahun 2018, lebih dari 70 institusi telah berinvestasi pada kedirgantaraan komersial startup terkait. Investasi di bidang layanan satelit mencapai lebih dari 60%. Sementara satelit komunikasi menyumbang sekitar 20%. Tantangan utama Tiongkok dalam investasi Dirgantara dan layanan satelit, adalah Teknologi dan kebijakan pemerintah.

Jika dibandingkan dengan AS, teknologi perusahaan swasta domestik Tiongkok ketinggalan satu generasi. Atau bahkan 2 generasi dalam bidang tertentu. Namun, Tiongkok mengejar sangat cepat. Dan perbandingan ini semakin diperpendek.

Di Tiongkok, peluang ruang angkasa komersial baru dibuka pada tahun 2014. Pada akhir tahun 2014, Dewan Negara mengeluarkan dokumen resmi untuk mendorong modal swasta memasuki litbang, peluncuran, dan operasi satelit.

Setelah akumulasi lebih dari setengah abad, NASA percaya dalam bidang satelit komunikasi orbit rendah, mereka telah memasuki tahap rekayasa konsolidasi. Pekerjaan pemerintah telah selesai. Sudah saatnya, perusahaan swasta mengambil alih. Jadi pemerintah AS sekarang sudah bisa mundur diri dari bidang ini. Peluncuran 60 satelit oleh Elon Musk juga menandai awal dari fase rekayasa layanan satelit.

Just like grandma says, Pendaratan di bulan 50 tahun yang lalu adalah hasil dari perlombaan luar angkasa antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Tetapi hari ini, persaingan di bidang ini telah bergeser ke perlombaan antara perusahaan swasta masing-masing negara.

Saya sangat tertarik dengan Ulasan di New York Times tentang proyek pendaratan di bulan pada saat itu. Maksud dan tujuan “Moon Landing” ini membawa serangkaian inovasi teknologi. Meletakkan pupuk untuk pertumbuhan teknologi. Dan komersial di kemudian hari. Selain itu, juga meyakinkan seluruh generasi umat manusia bahwa ruang angkasa akan menjadi warisan yang akan mereka wariskan untuk generasi mendatang. Saya percaya bahwa para startups di industri kedirgantaraan komersial juga memiliki perasaan seperti itu.

Advertisements
Categories: pendaratan di bulan, peringatan 50 tahun pendaratan di bulan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: