Pengertian Modal besar tidak sama dengan Kapitalis

Pengertian Modal besar tidak sama dengan Kapitalis dalam perekonomian negara. Banyak orang memiliki persepsi yang kurang benar tentang Modal besar. Mungkin Dalam benak banyak orang, kapitalis itu orang jahat. Mereka mengeksploitasi dan menindas buruh. Mereka berusaha mendapatkan keuntungan tanpa kompromi. Bahkan memanipulasi politik dan ekonomi suatu negara. 

Di mata mereka, pasti ada kapitalis jahat yang memanipulasi segalanya. Jika Anda juga percaya teori konspirasi yang serupa, Anda mungkin telah salah paham besar. Izinkan Ricky berbicara secara sains, apa itu Modal besar.

Modal besar sebenarnya tidak berarti dia dimanipulasi oleh seseorang atau suatu negara. Atau dibelakangnya berdiri seorang kapitalis jahat. Padahal, di balik modal besar adalah orang-orang biasa seperti Anda dan Saya.

Mereka semua meletakkan kartunya di atas meja. Mereka memiliki metode operasi masing-masing. Kalaupun mereka punya strategi, operasi mereka adalah strategi. Bukannya konspirasi. Meski mereka juga punya posisi politik sendiri, bukan berarti mereka akan melakukan hal-hal kotor di belakang punggung.

Pengertian Modal besar tidak sama dengan Kapitalis

Modal besar adalah kekuatan sosial yang sangat kuat. Tetapi tidak berarti mereka pasti orang jahat. Keseimbangan antara kekuatan adalah fondasi inti dari masyarakat modern. Justru karena modal besar inilah, mereka berhasil memainkan peran kunci dalam pemilihan umum AS baru-baru ini.

Modal besar pada umumnya dapat dibagi menjadi tiga kategori. Kategori pertama, adalah Dana pensiun. Di Amerika Serikat, California Civil Service Fund, menempati urutan pertama dalam hal pendanaan. Mereka memiliki volume lebih dari 300 miliar dolar AS. Diikuti oleh California Teacher Fund dan New York State Civil Service Fund.

Peringkat Top 10 teratas, semuanya berskala lebih dari 100 miliar dolar AS.

Jenis modal besar kedua adalah harta keluarga besar Amerika. Menurut peringkat kekayaan keluarga Amerika, keluarga Walton mendominasi peringkat pertama. Dengan dana lebih dari 200 miliar Dolar. Keluarga Mars dan Koch di peringkat kedua dan ketiga juga berada pada level 100 miliar Dolar ke atas. 

Kategori ketiga adalah peringkat orang kaya baru. Seperti Boss besar pemilik Raksasa Teknologi Amerika misalnya Jeff Bezos, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Elon Musk, dll. Kekayaan mereka masing-masing berjumlah ratusan Miliar Dolar.

Seperti halnya Dana pensiun, sebagian besar harta keluarga orang kaya dan orang kaya baru di Amerika Serikat dikelola oleh perusahaan manajemen investasi pihak ketiga. Bahkan orang kaya seperti Bill Gates, tidak mengelola uangnya sendiri. 

Ketika Bill Gates mendirikan dana keluarga pada awal 1990-an, lebih dari 90% asetnya adalah saham Microsoft. Yang dikelola oleh seorang teman. Setelah aset pribadinya perlahan-lahan ditransfer ke dana keluarga, ia menggunakan Tim investasi profesional Cascade untuk mengelola aset dana keluarga dan dana amalnya.

Perusahaan atau tim yang membantu orang kaya mengelola uang mereka lebih seperti sekelompok manajer profesional biasa. Tidak ada rahasia. Juga bukan “kapitalis” jahat yang dibayangkan banyak orang. Mereka juga berada di bawah tekanan yang luar biasa dari penilaian kinerja atau KPI.

Orang-orang yang menjalankan modal besar ini memiliki tujuan yang jelas. Bukan untuk mengejar risiko tinggi atau keuntungan tinggi. Tetapi bagaimana menjaga uang ini agar tidak menyusut. Ketika pasar berfluktuasi, sangatlah penting bagi mereka menemukan “Waduk” yang aman untuk menghindari bahaya.

Kesulitan terbesar mengelola modal yang besar terletak pada suatu “waduk.” Waduk harus cukup besar dan menguntungkan. Di dunia ini, Hanyalah “Tiongkok” yang memenuhi persyaratan ini. Tiongkok cukup besar untuk mempertahankan pertumbuhan modal mereka.

Berdasarkan data publik dari Kementerian Perdagangan Tiongkok, skala investasi asing langsung (FDI) di Tiongkok dari Januari hingga September tahun ini mencapai US$103,3 Miliar. Meningkat 18% pada kuartal ketiga.

Investor asing meningkatkan kepemilikannya di obligasi dan saham Tiongkok. Mencapai 132,1 miliar Dolar. Telah tumbuh hampir 50%. Ratusan Miliar dan Triliunan dana mengalir ke Tiongkok. Sampai tahun depan, Ricky sangat yakin bahwa angka ini akan terus meningkat.

Setelah Modal besar ini masuk ke Tiongkok, secara kasar akan mengalir ke dua jenis investasi, yaitu pasar saham dan investasi industri skala besar.

Dalam hal investasi pasar saham di pasar sekunder, Modal Besar ini cendrung mempekerjakan analis industri papan atas. Tujuannya untuk menganalisa perusahaan atau target investasi mana yang paling aman sebelum memilih target investasi. Mereka harus memahami tren dan melihat masa depan dengan jelas sebelum mereka mempertaruhkan aset ratusan miliar dolar ini.

Sama seperti halnya dengan logika asing, di pasar sekunder Tiongkok, Waduk teraman tidak diragukan adalah perusahaan Raksasa dengan keunggulan kompetitif yang jelas dan perkembangan masa depan yang kuat. Seperti Alibaba, Tencent, Baidu, Meituan, Didi maupun JD.com. Waduk mereka cukup besar. Artinya nilai pasarnya juga sangat besar. 

Saat ini, nilai pasar Alibaba telah mencapai 700 Miliar Dolar AS. Sedangkan, Tencent telah melampaui 600 Miliar dolar lebih. Mereka memiliki volume yang cukup untuk menampung dana dalam jumlah besar. Dalam hal potensi pertumbuhan, pasar masa depan Alibaba Cloud dan tata letak Tencent di industri game dan hiburan semuanya akan terbuktikan di beberapa tahun mendatang.

Mereka adalah Waduk air yang aman dengan risiko yang cukup kecil. Tentu saja,  pertumbuhan di masa depan yang cukup terjamin juga.

Sama seperti perusahaan Top Amazon, Apple, dan Google di Amerika Serikat yang diandalkan oleh modal besar, modal besar ini juga akan membanjiri perusahaan Top Tiongkok. 

Di dalam investor Alibaba dan Tencent, ada Pioneer Fund dan Blackstone. Mereka adalah perusahaan pengelola investasi terbesar di Dunia. Serta dana pensiun dan dana yayasan pemerintah luar negeri. 

Di bawah kepemimpinan Modal besar ini, akan menarik semakin banyak aset luar negeri datang membanjiri Waduk Tiongkok dalam waktu dekat.

Sebelum anak perusahaan Alibaba, Ant Financial Go Publik, situs web Shanghai Stock Exchange mengungkapkan jajaran investor Ant Financial yang cukup mengejutkan.

Mereka  mencakup 29 institusi investasi paling Top di dalam Tiongkok dan internasional. Diantaranya adalah sovereign fund terkemuka seperti Singapore Government Investment Corporation, sovereign wealth fund Malaysia, Abu Dhabi Investment Authority, Dana negara Saudi Arabia, Dana investasi rencana pensiun Kanada, dan sebagainya. 

Dana Global yang besar ini semuanya memahami betul bahwa Ant Financial akan menjadi “Waduk Air Extra Large” dengan jaminan pertumbuhan yang tidak boleh terlewatkan di masa depan.

Meskipun Ant Financial telah menunda Go Publiknya, Ricky yakin Ant Financial akan kembali lagi. Ant Financial telah terlalu “Panas dan Mahal”.

Semoga tuangan air dingin dari Pemerintah Beijing kali ini akan membuat semua pihak kembali rasional. Sehingga memungkinkan para investor untuk membeli saham Ant dengan harga yang lebih wajar. Semoga para investor akan dapat membagi dividen Ant dengan lebih baik di masa depan. 

Karena, pada saat Ant melakukan IPO ulang, Ant masih akan menjadi Waduk terbesar di Tiongkok dan dunia pada umumnya. Perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki volume besar atau tidak memiliki jaminan pengembangan di masa depan, tentu saja tidak akan menjadi favorit modal besar.

Pengertian Modal besar tidak sama dengan Kapitalis. Pasar modal bukanlah satu-satunya pilihan investasi bagi modal besar. Hal ini dikarenakan, bukan semua modal besar Asing memahami perubahan di pasar saham Tiongkok. Tentu saja ada risiko tertentu bagi mereka.

Kedua, Tiongkok selalu menekankan pencegahan risiko keuangan. Meskipun pasar saham Tiongkok perlahan-lahan terbuka, namun Beijing tidak menginginkan pasar saham Likuiditasnya terlalu banyak.

Pengertian Modal besar tidak sama dengan Kapitalis
Pengertian Modal besar tidak sama dengan Kapitalis (Image: The Nation)

Oleh karena itu, tempat terbaik bagi modal besar luar negeri untuk masuk ke Tiongkok bukanlah pasar saham. Melainkan, investasi industri skala besar. Karena investasi industri skala besar baru merupakan kerja sama yang mendalam di tingkat internasional. 

Just like grandma says, Lebih penting lagi, pembatasan TIongkok atas masuknya modal AS dan lembaga keuangan sudah mulai dilonggarkan.

Amerika Serikat memiliki kemauan yang sangat kuat untuk menggunakan keunggulan Tiongkok demi keuntungan diri mereka sendiri. Oleh karena itu, persyaratan umum pada dasarnya telah terpenuhi. Peluang besar kerjasama antara Dua Superpower di banyak bidang industri sangatlah besar dalam waktu dekat.

Apa Pendapat Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.