Pentingnya pendidikan mekanika kuantum

Pentingnya pendidikan mekanika kuantum dapat diungkapkan dalam satu kalimat singkat. “Mengikuti perubahan di dunia ini, dan meningkatkan Wawasan Dunia kita.”

Pada tahun 1905, Albert Einstein melontarkan teori “cahaya memiliki dualitas gelombang-partikel.” Sejak saat itu, mekanika kuantum telah berkembang lebih dari 100 tahun. Sampai hari ini, mekanika kuantum telah mendefinisi Ulang dunia. Telah sepenuhnya mengubah Dunia ini. Bahkan, membentuk kembali dunia spiritual kita.

Pentingnya pendidikan mekanika kuantum

Jika terobosan revolusioner terjadi lagi di masyarakat manusia di masa depan, bisa dipastikan bahwa terobosan ini sangat berkemungkinan akan dimulai dengan mekanika kuantum. Mempelajari mekanika kuantum adalah alasan sederhana yang dapat membantu kita memahami perubahan di dunia.

Mengapa dan seberapa “Pentingnya pendidikan mekanika kuantum?”

Pertama, semua pengetahuan sains alam yang telah ditemukan para ilmuwan sejauh ini (kecuali Hukum relativitas umum), semuanya telah terkumpul dalam mekanika kuantum.

“Terkumpul” disini artinya bahwa dalam dunia material, mulai dari fenomena alam apa pun, pasti akan berkaitan dengan bidang mekanika kuantum. Dan, mekanika kuantum akan memberikan jawaban terakhir.

Sebagai contoh, pada saat kita mengemudi. Begitu kita berakselerasi atau menancap Gas, kita akan merasakan kursi mendorong punggung kita dengan keras. Itulah saatnya, kita  menikmati sensasi akselerasi.

Sekarang pertanyaannya, Dari mana datangnya daya mendorong punggung ini?

Jawabannya, mekanika kuantum berperan sangat penting dibelakangnya.

Contoh lainnya lagi, Dari mana datangnya massa benda?  

Apakah ditimbang dari Timbangan?  

NO! itu hanya pengaruh gaya gravitasi.  

Setelah badan kita memasuki ruang Angkasa, badan kita akan mengapung. Dengan segera, berat badan kita langsung menjadi nol. Tetapi, massa kita tetap ada pada saat itu.

Masalah ini kedengarannya sangat sederhana. Tetapi sejak adanya manusia, masih banyak masalah belum terselesaikan. Namun, Dengan perkembangan mekanika kuantum hingga hari ini, banyak pertanyaan telah mendapatkan jawaban. Secara singkatnya, mekanika kuantum telah memecahkan sebagian besar rahasia alam semesta.

Tentu saja, mekanika kuantum tidak menjawab semua permasalahan utama seperti apa inti dari “waktu dan ruang”. Namun, tidak peduli apa jawaban akhirnya, kekuatan interpretasi dunia pasti diarahkan oleh mekanika kuantum.

Pemahaman kita tentang dunia harus bergantung pada sains dan kemajuan terbarunya. Misalnya, keterikatan kuantum. Beberapa partikel yang terjerat dan walaupun terpisah jauh, mereka masih dapat berinteraksi secara instan. Seolah-olah mereka mengabaikan batas kecepatan cahaya. Akibatnya, mekanika kuantum menemukan bahwa kadang-kadang mereka tidak dibatasi oleh kecepatan cahaya.

Contoh lain adalah, kenyataan. Realitas menunjukkan walaupun jika kita tidak melihat bulan, namun bulan akan tetap berada diatas sana. Secara inheren memang benar. Tidak ada orang yang meragukannya. Namun, mekanika kuantum menemukan bahwa hal ini mungkin tidak berlaku.

“Merasa bingung?”  

Salah satu pendiri mekanika kuantum, Niels Bohr pernah berkata:”Setelah mendengar tentang Mekanika Kuantum dan bila Anda tidak merasa bingung, berarti Anda belum memahaminya sama sekali.”

Mekanika kuantum membentuk kembali dunia spiritual manusia. Seperti apa dunia ini, mengapa dunia terlihat seperti ini, dari mana dunia kita berasal, ke mana ia pergi dan lain sebagainya. Singkatnya, jawaban untuk pertanyaan semacam namanya “Worldview atau Wawasan dunia”.

Albert Einstein pernah berkata bahwa “Tuhan tidak pernah melempar dadu.” Maksudnya, dunia itu penuh dengan kepastian. Tampaknya, Einstein tidak benar dalam hal ini.

Mekanika kuantum memberi tahu kita bahwa dunia ini memiliki sisi probabilistik. Saat bereksperimen, ketika kita belum mencegat foton dengan layar, foton ada di mana-mana di depan layar. Jika kita mencegat foton, foton hanya akan muncul di satu tempat di layar.

Pentingnya pendidikan mekanika kuantum
Tidak tidak pernah melempar dadu, kata Einstein (Image:conversation)

Jika kita berulang kali mencegat foton ini berkali-kali, foton akan membentuk pola di layar. Kali ini di sini. Waktu berikutnya di sana. Kita hanya tahu foton akan muncul dalam pola ini. Tetapi tidak tahu di titik mana pola itu akan muncul. Artinya, dunia ini dipenuhi dengan ketidakpastian. Manusia tidak memiliki jalan keluar sama sekali.

Masih banyak contoh seperti itu. Kita manusia tidak boleh hidup terlalu santai seperti di masa lalu. Kita harus menghadapi penemuan ilmiah baru ini secara jujur dan belajar menahan dampak untuk dunia spiritual kita.

“Suatu Teori menentukan apa yang dapat kita amati,” kata Albert Einstein. Tanpa teori, kita tidak akan mendapatkan jawaban yang benar atas banyak fenomena di dunia.

Pada saat ini, alat terbaik yang dapat membantu kita meningkatkan wawasan tentang pola, dan melihat esensi melalui permukaan adalah mekanika kuantum. Secara keseluruhan, itulah pentingnya pendidikan mekanika kuantum.

Memang tidak mudah untuk mempelajari mekanika kuantum. Karena mekanika kuantum memiliki ambangnya sendiri. Antara lain, harus menguasai alat matematika seperti kalkulus dan aljabar linier.  

Just like grandma says, pengetahuan mengenai mekanika kuantum di dunia saat ini sebagian besar adalah hasil penelitian 50 tahun yang lalu. Dunia telah jauh ketinggalan mengenai perkembangan mekanika kuantum. Mungkin, sudah saatnya kita memperbaharui otak kita dengan hasil penelitian terbaru. 

1 thought on “Pentingnya pendidikan mekanika kuantum

  1. Mungkin enstein salah.. seperti kegagalan pilladelphia experiment 1946 yang mungkin sekarang sudah jauh disempurnakan.
    Atau memang kuncinya ada di teori nikola tesla dengan angkanya 3, 6, 9.
    Sebenarnya kalau melihat jejak peradaban Sumeria, Etiopia dan Mesir, teknologi kuantum ini sudah ada dan sangat maju di sekitar periode 6.000 sampai 2.500 tahun yang lalu. Kemudian multi dimensi yang terjadi sekarang bisa jadi adalah kesalahan atau penyalah gunaan teknologi lompatan waktu yang mengakibatkan kehidupan hari ini seperti berada dalam matrix.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: