Pentingnya script dalam pembuatan game

Oleh: Ricky Suwarno

Neuron cermin, jaringan pada otak manusia. Yang membuat manusia merasa menjadi orang lain. Dan merasakan pengalaman yang dialaminya. Sehingga dalam bermain game, sel ini bekerja dengan baik. Yang sangat berpengaruh terhadap emosi manusia. Seakan dirinya sedang menjadi tokoh dalam game tersebut. Apalagi kalau anda berperan sebagai tokoh penyelamat dunia. Maka rasa bangga akan muncul. Dan inilah salah satu sebab mengapa banyak orang kecanduan bermain game.

Skrip atau naskah game. Adalah rancangan paling penting dalam sebuah game. Baik video maupun seluler. Seperti Mobile Legends, atau PUBG yang lagi tren di tanah air. Memiliki jalan cerita yang sangat jelas.

Itulah pentingnya peran naskah game. Sebagai Suatu gambar konstruksi pengembang. Dasar untuk produksi pra-produksi dan evaluasi komersial.

Seperti halnya, dengan film ataupun tv serial, game yang bagus juga perlu naskah yang menarik. Tetapi film yang bagus, kalau di tonton beberapa kali mudah membuat orang merasa bosan. Tetapi mengapa game bisa membuat orang bermain semalaman. Dan tetap semangat? Rahasianya tersembunyi di dalam naskah game.

Dalam pembuatan suatu game, naskah berada pada tahap kedua. Tautan pertama adalah perencanaan. Menentukan jenis game apa yang akan di buat. Dan target jenis pemain yang akan difokuskan. Misalnya, membuat game petualangan. Khusus kaum anak muda antara usia 12 sampai 18. Atau buat game percintaan, khusus target para lajang muda.

Bagaimana merancang pandangan dunia tertentu, termasuk peran dan plot. Adalah masalah penulisan naskah. Ketika naskah game telah selesai, barulah kita memasuki aspek teknis selanjutnya. Seperti animasi, pemrograman, desain dan operasi interfacenya. Dan sebagainya. Skrip atau naskah adalah gambar konstruksi untuk teknisi.

Di dalam game, tepatnya tidak ada actor nyata. Insinyur pencahayaan, alat peraga. Dan semuanya tergantung pada paska produksi. Sehingga penulis game harus mempertimbangkan setiap factor yang diperlukan.

Pertama-tama, dimana tombol seharusnya di atur. Di dalam game, perilaku dan dialog karakter bukan terjadi sesaat. Melainkan secara bertahap. Muncul ketika pemain mengklik tombol.

Pada saat ini, anda perlu menilai info mana yang lebih penting. Dan Perlu menampillkan perpanjangan waktu. Dialog mana yang tidak penting. Yang bisa dilewati segera. Dengan kata lain, anda harus mempertimbangkan pengalaman operasi si pemain.

Selanjutnya, adalah menentukan indicator teknis permainan. Jika ingin menargetkan pemain tingkat senior, dengan game kapasitas 10GB. Dan permintaan konfigurasi tinggi terhadap computer atau seluler. Maka anda perlu menulis setiap naskah dengan jelas. Dan kemudian dilengkapi dengan suara.

Sebaliknya, bila menargetkan pemain junior dengan kapasitas game kurang dari 1GB. Anda tidak bisa menggunakan suara untuk mengekspresikannya. Karena file audio akan menempati ruang hard disk yang gede. Anda hanya dapat menggunakan subtitle. Sebagai penggantinya.

Akhirnya, permintaan pasar. Misalnya Pada tahap awal riset pasar, gaming dengan pelukis sebagai karakter utama sangatlah langka. Dan pada saat yang sama, permainan jenis warcraft sangatlah popular. Singkatnya, naskah bisa ditulis sebagai berikut. Protagonis adalah seorang pelukis. Impiannya adalah menggambar album warcraft. Namun, untuk memperoleh kontrak kerjasama dengan warcraft, anda harus mengalahkan mereka terlebih dahulu. OK, dan ini menjadi cerita tentang seorang pelukis yang berjuang melawan monster dalam warcraft.

Mengapa game menjadi semakin penting dalam hidup kita? Mungkin banyak diantara kita menganggap game cuma sarana hiburan belaka. Tetapi, dalam beberapa tahun ini, di China banyak orang mulai mempelajari mentalitas desain game. Dan mencari solusi untuk masalah lain. Ini karena Logika bisnis di jaman now yang sedang berubah.

Di masa lalu, bisnis lebih berpusat pada produk. Asalkan produk dengan kualitas yang baik, pasti bisa terjual. Namun, bisnis saat ini sudah mulai bergeser kearah yang berpusat pada orang. Pengguna atau pemain game telah menjadi bagian yang paling dihargai.

Tujuan akhir dari suatu game, adalah menciptakan pengalaman yang menyenangkan. Dan nyaman. Atau bisa dikatakan, bahwa yang dijual dari game adalah pengalaman itu sendiri. Users experiences. Ini adalah inti dari bisnis game. Yang dapat dipraktekkan di bidang bisnis yang lain.

Just like grandma says, game itu bukan hanya studi tentang teknologi. Melainkan studi tentang orang. Game itu memberi inspirasi bagaimana melibatkan oranglain. Dan bagaimana menciptakan pengalaman yang baik.

Jadi, tidak peduli seberapa canggih teknologi pembuatan game. Atau seberapa cermat proses pembagian kerja. Orang atau konsumen adalah pusat perhatian dari semua game. Semua produk.

Advertisements
Categories: artificial intelligence indonesia, Mobile legends, Script, Seluler gameTags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: