Perang Dagang AS-Cina

Bila di lihat dari sejarah, produksi baja amerika melampaui inggris di tahun 1894. Sedangkan pada tahun 1902, nilai output industrinya, juga telah melampaui inggris. Menjadi perekonomian terbesar dunia sejak saat itu.

Lebih dari 117 tahun bila dihitung dari hari ini. Amerika telah berperang dagang sebanyak 3 kali.

Pertama, perang melawan inggris. Kedua, perang melawan ex Uni Soviet. Ketiga, melawan Jepang. Dan sekarang, keempat kalinya, melawan Cina.

Ratusan tahun sejarah menunjukkan, perekonomian terbesar dunia (Lao Da Amerika),pasti akan berusaha mencegah bangkitnya perekonomian kedua dunia (Lao Er Cina).

Dan sejarah 40 tahun Cina sejak pembukaan terhadap dunia luar, rata-rata perkembangan GDP sekitar 9.2%. Sedangkan, Amerika 2%-3%.

Kalau dua raksasa ini, terus berkembang berdasarkan pertumbuhan sekarang ini. Saya yakin, tidak perlu memakai kalkulator, dalam waktu 10-15 tahun, perekonomian Cina pasti akan melampaui Amerika. Size does matter. It is just a matter of time.

Ini adalah pertarungan jangka panjang. Antara raksasa dunia nomor satu dan nomor dua. Sampai akhirnya nomor Dua mengalahkan nomor Satu (Tahun 2028-2030)

Advertisements
Categories: artificial intelligence indonesiaTags: , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: