Perang mata uang digital global

Perang mata uang digital global sulit terhindarkan. Dalam beberapa bulan terakhir, ketika perusahaan teknologi dunia dan beberapa negara mendorong pengembangan mata uang digital, industri cryptocurrency mulai mengalami pertumbuhan pesat lagi dalam teknologi, pasar dan peraturan.

Inisiatif ini memaksa para pemimpin global berfokus pada mata uang digital. Mereka harus memahami apa peran mata uang digital dalam dekade berikutnya. Termasuk perubahan apa yang akan dilakukan pada lanskap politik dan ekonomi yang lebih luas. Perubahan ini akan membentuk kembali sistem moneter internasional masa depan.

Infrastruktur blockchain tidak lagi terbatas pada tepi layanan atau pengadopsi awal. Tetapi telah memperluas dan menarik perhatian di tingkat nasional. Peningkatan sistem ekonomi digital yang lebih mendalam juga sedang berlangsung. Kartu pass bank sentral yang didorong teknologi enkripsi, serta kontrak pintar yang dapat mewakili dan menggantikan aset dan kontrak dunia nyata lainnya, mulai muncul di seluruh dunia.

Perubahan-perubahan ini terjadi dengan cepat. Para regulator seluruh dunia bersaing dalam Perang mata uang digital global yang memetakan Internet informasi, dan komunikasi global  terbuka dan saling berhubungan.

Pada kenyataannya, dasar untuk semua perubahan tergantung pada perkembangan  infrastruktur blockchain publik. Misalnya Ethereum, pelaku pasar dapat menerbitkan sertifikat cryptocurrency yang mewakili tender hukum, dan aset keuangan lainnya di blockchain Ethereum. Ethereum dapat mendukung komputasi terpercaya, penyimpanan catatan, dan pemrosesan transaksi sebagai lapisan dasar. Sangat mirip dengan “lapisan dasar” protokol TCP / IP dan HTTP yang mendukung penggunaan Internet global setiap hari.

Perang mata uang digital global

terbagi atas:

1. Sistem Finansial terbuka

Seperti Circle dan Coinbase, yang telah memperkenalkan mata uang stabil berbasis mata uang fiat di blockchain publik, USD Coin (USDC). Para pengembang atau perusahaan dapat menggunakan protokol Finansial terbuka untuk membangun struktur keuangan tingkat yang lebih tinggi. Seperti pinjaman yang didesentralisasi dan platform perdagangan kredit. Serta layanan pembayaran dan alat keuangan perdagangan.

Sistem Finansial terbuka saat ini terkendala oleh peraturan perbankan pembayaran di AS dan UE. Berdasarkan perkembangan pasar individual, pendekatan mata uang digital ini berkembang pesat. Telah menjadi tulang punggung pergerakan keuangan terbuka.

2. Mata uang digital nasional yang dipimpin pemerintah

Contoh paling umum adalah infrastruktur Pembayaran Mata Uang Elektronik (Digital Cryptocurrency Electronic Payment) China yang akan segera di rilis. Bertujuan  menciptakan infrastruktur yang dapat dikendalikan, terpusat, dan diberdayakan untuk versi mata uang digital RMB.

3. Mata uang digital yang dipimpin oleh konsorsium privat

Contohnya, Asosiasi Libra dan Mata Uang Cadangan Libra yang mencoba membangun mata uang digital global sintetis. Sistem pembayaran Facebook juga didasarkan pada infrastruktur lisensi terpusat. Para perusahaan dan developers yang ingin mengembangkan jenis infrastruktur ini termasuk aksesibilitas juga akan dibatasi.

Status Quo Perang mata uang digital global saat ini:

Pertama, apakah kita perlu membangun sistem keuangan terbuka di Internet publik? Sehingga, di bawah perlindungan privasi yang kuat membuat nilai mata uang digital dapat dengan bebas dan mudah ditransfer ke mana saja. Atau, melalui blockchain publik memungkinkan individu dan bisnis untuk membangun mata uang digital secara terenkripsi.

Singkatnya, apakah kita perlu membangun sistem keuangan global berbasis Internet?

Kedua, seandainya setiap negara mempelajari metodologi China, akses inovatif ke sistem keuangan mungkin akan dikontrol dengan ketat. Meskipun sistem ini dapat meningkatkan efisiensi CNY. Dalam skala global, jika individu dan bisnis di seluruh dunia ingin berdagang dengan China, akankah sistem ini memberikan kondisi yang sama?

Ketiga, Facebook Libra membawa tingkat persaingan baru. Facebook membangun sistem keuangan baru yang dikendalikan dan dioperasikan oleh perusahaan media sosial terbesar di dunia. Struktur mata uang digital Facebook tidak didasarkan pada mata uang berdaulat yang ada. Tetapi berupaya menciptakan mata uang global berdasarkan beberapa mata uang negara yang lebih kuat seperti USD, Poundsterling, Euro dan Singapura Dolar.  

Perang mata uang digital global
Perang Mata uang digital global (Sumber: Crypto interhub)

Apakah kita bisa mempercayakan Mata uang global di bangun dan dikendalikan oleh perusahaan privat seperti Facebook?

Just like grandma says, Untuk negara besar yang mengendalikan mata uang perdagangan global seperti dolar AS, mereka harus memperhatikan semua cryptocurrency publik yang mencakup Internet global dan inovasi yang relevan. Pilihan dan keputusan negara-negara besar pada akhirnya akan membawa dampak besar pada sistem ekonomi global di masa depan.

Pada saat yang sama, sementara pemerintahan antar negara sedang mempelajari Perang mata uang digital global, para inovator teknologi telah dulu menggunakan teknologi enkripsi untuk membangun sistem ekonomi global. Tidak bisa dipungkiri bahwa inovasi sistem ekonomi baru ini merupakan keajaiban kreativitas manusia.

Advertisements
Categories: Perang mata uang digital global

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: