Perbandingan Mobil Listrik Tesla vs Nio

Perbandingan Mobil Listrik Tesla vs Nio SUV Listrik asal Tiongkok dengan performa tinggi. Nio, Mobil berdesain futuristik ini menggunakan jumlah aluminium terbanyak dalam sebuah mobil. SUV berpenggerak empat roda ini sanggup melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,4 detik. Sebagai perbandingan, Tesla Model X P100D dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,4 detik. 

NIO didirikan pada November 2014 oleh Li Bin. Setelah peluncuran, Nio dengan cepat mendapatkan pendanaan besar dari perusahaan Raksasa seperti Tencent, Temasek, Baidu, Sequoia, Lenovo dan TPG. Nio yang dalam bahasa Mandarinnya “WeiLai” memiliki arti Blue Sky Coming. Dan ini dilambangkan dalam Logo nya. Yang memiliki makna, Puncaknya adalah tentang langit, keterbukaan, visi, dan masa depan. Model pertamanya, mobil sport NIO EP9, memulai debutnya pada hari yang sama dengan terbentuknya merek tersebut.

Baterai Tesla memang sudah mencapai lompatan teknologi. Namun pada level yang bersamaan, Nio telah memperkenalkan metode pengisian “take-away type” . Untuk mempermudah konsumennya, Nio menyediakan 1.100 stasiun penukaran baterai. Dukungan pengisian lainnya adalah 1.200 power mobile vehicles yang dapat memberikan jarak tempuh hingga 100 km setelah 10 menit pengisian.

Perbandingan Mobil Listrik Tesla vs Nio

Sumber energi Nio berasal dari baterai berspesifikasi 70 kWh. Jarak tempuhnya mencapai 400 km setelah pengisian satu jam “Supercharge.” Jika baterai habis, pengguna juga bisa memilih untuk menukar baterai lainnya dalam waktu lima menit saja.

Para Konsumen Tesla saat ini mulai lebih rasional dalam ekspektasi. Sedangkan, Nio lagi memasuki momentum perkembangan yang sangat kuat. Nio mengandalkan reputasi layanan untuk membangun kerajaannya. 

Baru-baru ini, pasar kendaraan energi baru terus bermunculan kabar baik. Kekuatan baru dalam manufaktur mobil di China telah mendapatkan momentum. Belum lama ini, Huawei juga mengumumkan untuk JV dengan pembuat mobil Tiongkok-Chang An dan manufaktur baterai listrik terbesar Dunia asal Tiongkok juga, CATL untuk membuat mobil listrik baru.

Dewan Negara Tiongkok secara resmi mengeluarkan rencana pengembangan industri otomotif energi baru ( 2021 – 2035 ). Peraturan tersebut untuk menerapkan insentif pajak terkait otomotif energi baru.

Langkah-langkah untuk mengoptimalkan manajemen lalu lintas dan klasifikasi jasa keuangan. Mempromosikan tata letak ilmiah dan mempercepat pembangunan infrastruktur seperti pengisian dan pertukaran serta pengisian bahan bakar hidrogen.

Termasuk memberikan dukungan finansial untuk pembangunan tiang pengisian daya. Sebagai fasilitas umum membantu pengembangan industri mobil energi baru. 

Panasnya pasar mobil listrik Tiongkok, membawa pengaruh positif Nilai pasar Nio berada di peringkat pertama di antara semua kendaraan energi baru. NIO, yang memiliki momentum perkembangan yang sangat kuat dipercaya akan menjadi Saingan Berat Tesla di Tiongkok.

Tesla untuk sementara masih memimpin. Kota-kota selain First Tier City seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen maupun Hangzhou adalah medan pertempuran masa depan.

Nio secara bertahap memperkaya matriks produknya sejak didirikan. Mulai 2017 Hingga 2019, tiga model SUV mewah Nio ES8, SUV ES6 mid-to-high-end, dan SUV EC6 mid-to-high-end berturut-turut dirilis.

Untuk memperlajari perkembangan Mobil Listrik dan Mengemudi Otonom, Ricky membeli Nio SUV EC6 bulan lalu. Berhubung permintaan jauh lebih besar dari persediaan, Ricky harus menunggu 3 bulan lamanya sebelum mendapatkan mobil baru ini. NIO EC6, adalah SUV mewah yang sepenuhnya elektrik. EC6 dirilis pada akhir 2019. Namun baru diproduksi massal sejak bulan September 2020 yang lalu.

Pada tahun 2020, Nio berencana meluncurkan sedan ET7 pertama. Sedangkan, Tesla saat ini memiliki empat model. Model 3, Model S, Model X dan Model Y. Pada awal tahun 2020, konsumen Tiongkok mulai mendapatkan pesanan Tesla Model 3 buatan Domestik Tiongkok sendiri. Versi domestik ini, harganya sedikit lebih rendah di banding versi Amerika Utara. 

Saat ini, Harga mobil listrik Nio untuk ES8 maupun EC6 berkisar antara 358K ~ 566 Yuan. Atau sekitar 55K – 86K Dolar AS. Sedangkan Tesla Model 3 berkisar 249K ~ 419K Yuan. Atau sekitar 37K – 64K Dolar AS.

Dari segi penjualan Nio sampai akhir September lalu, jumlah Pengiriman kumulatif mobil baru telah mencapai 4.708 unit. Meningkat 133,2% selama 3 bulan berturut-turut. Sedangkan, penjualan Tesla mencapai 11.329 unit untuk bulan yang sama. Mendominasi penjualan Mobil listrik Top One di Tiongkok.

Dari segi saluran dan penjualan, keduanya mengadopsi model penjualan langsung. Grup audiens menentukan distribusi jumlah penjualan. Nio saat ini memiliki 136 toko offline.  23 Nio Center dan 113 Nio Space. Tersebar di 26 provinsi dan kota. Sedangkan, Jumlah toko Tesla di Tiongkok ada 24 Unit. 

Menurut data statistik terkini, toko-toko Offline Nio mendominasi 18,38% di kota Tingkat pertama (First Tier City). Total penjualan di kota tingkat pertama menyumbang 41,34%. Sedangkan, toko-toko Offline Tesla mendominasi 52,86% di level kota yang sama. First Tier City. Penjualan di First Tier City menyumbang 51,47% secara keseluruhan. 

Di Tiongkok, “First Tier City” atau Kota-kota tingkat pertama melambangkan kota wilayah paling maju seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen dan Hangzhou. Dengan konsumsi paling besar dan tinggi. Mereka adalah kota metropolis besar dan berpenduduk padat yang memiliki pengaruh ekonomi, budaya dan politik di China.

Dari semua biaya kendaraan energi baru, “baterai” mendominasi 1/3 dari total harga. Untuk mengurangi biaya baterai, baik Tesla dan NIO telah berusaha segala cara unutk menurunkan biaya baterai. Misalnya, Tesla baru-baru ini mengumumkan teknologi baterai terbaru. Baterai baru ini disebut “4680”. Artinya, Kapasitas sel baterai baru telah meningkat 5 kali lipat. Daya Output meningkat 6 kali lipat. Masa pakai baterai juga meningkat 16%. 

Peneliti baterai Tesla bernama Jeff Dunn dan tim risetnya mendemonstrasikan teknologi baterai lithium-ion terbaru. Yang memungkinkan mobil listrik berkemudi jarak 1 juta miles. Hasil pengujian menunjukkan baterai lithium-ion dapat bertahan lebih dari 15.000 siklus pengisian daya. Atau setara dengan mobil listrik bisa melaju lebih dari 3,5 juta km.

Hal yang paling mengesankan adalah saat baterai Tesla menghabiskan 25% sampai 50%, kapasitas baterai hampir tidak menurun. 

Sebenarnya, tahun 2019 merupakan tahun krisis besar bagi Nio. Dana yang terputus hampir mengakibatkan Nio di ambang De-listed. NIO gagal mendapatkan pendanaan.

Untungnya, pada akhirnya Nio berhasil mendapatkan investasi dari Pemerintah Rakyat Kota Hefei lebih dari 1 Miliar Dolar AS. NIO kemudian membangun sistem operasi kantor pusatnya di Hefei. Mencakup basis Litbang, penjualan, dan produksi. 

Di balik investasi 1 miliar Dolar adalah perjanjian yang ditandatangani oleh Nio dan Pemerintah Hefei. Nio harus Go publik dalam 5 tahun. Investasi ini akan membantu Nio merealisasikan ekuitas pemegang saham. Tetapi investasi tersebut berisi beberapa perjanjian. Jika Nio gagal memenuhi persyaratan, Nio harus membeli kembali saham dari Hefei dengan tingkat bunga tahunan sebesar 8,5%. 

Sebaliknya, Tesla juga “sangat sibuk ” dengan pabriknya di Shanghai. Seperti halnya Nio, Tesla juga menandatangani perjanjian dengan Pemda Shanghai. Dalam waktu 5 tahun ke depan, Tesla harus menyelesaikan investasi sebesar US2 miliar. Pada akhir tahun 2023, pabrik Tesla Shanghai harus membayar pajak sekitar 3,23 miliar dolar setiap tahunnya.

Jika Tesla tidak dapat memenuhi skema persyaratan di atas, Tesla harus mengembalikan tanah pabrik Tesla kepada pemerintah Shanghai yang dikasih gratis 5 tahun sebelumnya. Baik Tesla maupun Nio, momentum perkembangan keduanya sangat kuat sekarang ini. 

Pada tanggal 27 Oktober yang lalu, 7000 Unit batch pertama Tesla produksi Shanghai berhasil di ekspor ke Eropa.

Hefei, kota dimana kantor pusat Nio berada merupakan salah satu kota dengan perkembangan tercepat. Hefei terkenal dalam industri sirkuit terintegrasi di Tiongkok. Jumlah perusahaan industri sirkuit terpadu dan nilai output Hefei pada tahun 2019 adalah 20 kali dan 15 kali lipat dari tahun 2013. 

Dari segi Talenta, Hefei juga memiliki persaingan yang sangat luar biasa. Universitas Sains dan Teknologi China adalah universitas Top One di China. Laboratorium nasional seperti Institut Riset Teknologi Lanjutan dari Universitas Sains dan Teknologi China. Institut Riset Teknologi Manufaktur Cerdas, perangkat ilmiah besar nasional, institut riset ilmiah, dan banyak tim riset ilmiah penting lainnya juga telah berakar di Hefei. 

Hefei saat ini memiliki lebih dari 60 perguruan tinggi dan universitas. Ada 959 lembaga penelitian dan pengembangan. Termasuk 600.000 tenaga ilmiah dan teknis. Hefei juga telah menjadi empat pusat sains komprehensif China. Bahkan sering dielu-elukan sebagai potensi “Lembah Silikon masa depan”. 

Baru-baru ini, Nio Automobile mengumumkan penyelesaian produksi 5.000 unit kendaraan pada akhir bulan Oktober. Ini berarti, Daya produksi Nio perbulan telah mencapai 5.000 unit.

Saat ini, kapitalisasi pasar Tesla mencapai 399 miliar Dolar. Rasio P/E sebesar 717,17 Dolar Amerika. Sedangkan, Nio memiliki kapitalisasi pasar sebesar 47,5 miliar Dolar. Rasio P/E sekitar 40,2 Dolar.

Perbandingan Mobil Listrik Tesla vs Nio
Perbandingan Mobil Listrik Tesla vs Nio (Image: Artificial Intelligence Indonesia)

Meskipun data perbedaan yang signifikan antara keduanya, tetapi Nio sebagai kendaraan energi baru telah menjadi kapitalisasi pasar Tertinggi Tiongkok dalam pembuatan mobil. Menurut prediksi, penjualan tahunan Nio di tahun 2025 akan mencapai 300 ribu unit.

Just like grandma says, perbandingan mobil listrik Tesla vs Nio masing-masing menunjukkan keunggulan maupun kelemahan branding tersendiri. 50% penjualan Mobil Nio berasal dari Word of Mouth. Istilahnya, rekomendasi dari pelanggan lama. Contohnya, Ricky sendiri. Menurut pendanaan diatas, para investor sangat mengharapkan Nio dapat mencapai titik impas keseimbangan pada tahun 2022-2023. Nio, menjadi “Tesla versi China” telah di ambang pintu.

Apa Pendapat Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.