Perusahaan Teknologi Raksasa India

Perusahaan Teknologi Raksasa India Jio Platforms anak perusahaan Reliance Industries, pantas mendapatkan perhatian kalangan investor. Dalam persaingan teknologi yang berkelanjutan antara Tiongkok dan Amerika Serikat, peran India tampaknya menjadi semakin penting.

Misalnya, Belum lama ini YouTube mengumumkan peluncuran Aplikasi video pendek bernama “YouTube Shorts”. Dari namanya sangat jelas terlihat, YouTube berniat mencari kesempatan dalam kesempitan dari pemerintah AS yang lagi menjarah Tik Tok. Namun yang menarik adalah lokasi pengujian Youtube Shorts tidak memilih Amerika Serikat, melainkan India.

Tidak hanya itu, dalam dua tahun terakhir perusahaan teknologi Amerika seperti Amazon, Facebook , Wal-Mart maupun Google semuanya dengan gila-gilaan menyuntikkan modal ke dalam industri teknologi India. Beberapa analis mengatakan menurut tren ini, sangat mungkin dalam beberapa tahun ke depan India akan melahirkan perusahaan teknologi global.

Perusahaan Teknologi Raksasa India

Ini adalah tren yang patut diperhatikan. Anda harus tahu bahwa India jelas merupakan negara berkekuatan TI dan salah satu pasar Internet yang tumbuh paling cepat di dunia. Tetapi Top 10 perusahaan Internet teratas di dunia semuanya didominasi oleh Amerika Serikat dan Tiongkok. Tidak ada bayangan India sama sekali. Jika perusahaan teknologi lokal India nantinya muncul, maka pola persaingan teknologi global kemungkinan besar akan berubah.

Perusahaan manakah yang paling berpeluang untuk tumbuh menjadi Perusahaan Teknologi Raksasa India dalam persaingan global berikutnya? 

Terbitan terbaru majalah Fortune memilih ” 53 perusahaan yang dapat mengubah dunia ” , Jio Platforms masuk dalam daftar diperingkat ke-21. Dua tingkat lebih tinggi dari perusahaan induk Google, Alphabet.

Sebenarnya, Jio Platforms adalah perusahaan telekomunikasi yang sangat muda di India. Jio didirikan pada bulan Desember 2015. Hampir lima tahun, tetapi tingkat pertumbuhannya sangat cepat dan mengejutkan.

Ingin tahu Seberapa cepat? 

Ambil saja contoh dari pertumbuhan pengguna, misalnya Pengguna Jio mencapai terobosan dari 0 hingga 100 juta hanya dalam 70 hari. Tahukah Anda, Jejaring Sosial Facebook membutuhkan 852 hari untuk mendapatkan 100 juta pengguna. Atau,  aplikasi Teknologi Raksasa Tiongkok, Wechat memerlukan 433 hari untuk mencapai prestasi di atas.

Pada akhir tahun 2019, Jio memiliki hampir 400 juta pengguna dengan pangsa pasar lebih dari 33% di industri telekomunikasi India. Hal ini menjadikan Jio Platforms sebagai operator jaringan seluler terbesar di India. Lembaga penelitian memprediksi pada tahun 2025, Jio sangat berkemungkinan menguasai setengah dari pasar pengguna ponsel India.

Salah satu alasan utama mengapa Jio berkembang begitu pesat adalah efektivitas kinerja biaya layanannya yang sangat tinggi. Tidak seperti operator tradisional lainnya, Jio langsung meninggalkan jaringan 2G dan 3G. 

Jio menggunakan banyak BTS kecil berbiaya rendah untuk segera menggelar jaringan 4G. Tarif paket 4G yang diberikan adalah yang terendah di antara semua operator di India. Tetapi, kecepatannya adalah yang Tercepat. Sehingga,  memberinya modal kompetitif yang cukup besar.

Pada tahun 2016, Jio memicu “gempa bumi” dalam industri telekom di India. Jio Platforms memberikan pengguna baru paket data 4G dengan “traffic” internet yang tinggi dan layanan suara gratis selama 6 bulan. Trik ini langsung membuat Jio terkenal di seluruh penjuru Negeri Hindustan ini. Dan tentu saja, langsung memicu perang harga yang sengit. 

Pada saat itu, ada dua operator telekomunikasi besar India, Vodafone dan Bharti Telecom. Mereka segera menurunkan harga untuk melawan Jio. Namun bagaimanapun mereka menurunkan harga, mereka tidak dapat mengimbangi Jio dalam hal kinerja biaya. Pada akhirnya, Jio berhasil mengikis pangsa pasar mereka. Dalam persaingan ini, Jio meraih kemenangan total.

Anda mungkin merasa aneh bahwa perusahaan yang baru saja didirikan belum sampai 5 tahun bagaimana bisa memiliki kemampuan mengungguli “ perusahaan raksasa lama ” di dalam industri yang telah menggarap selama bertahun-tahun. 

“Bagaimana mungkin?”

 Tentu ada alasannya. 

Kekuatan tirani Jio berasal dari perusahaan induknya – Reliance Industries Group. Pemilik Reliance Industries adalah orang terkaya di India, juga orang terkaya Asia, Mukesh Ambani.

Reliance Industries Group adalah nama yang dikenal hampir semua rumah tangga di India. Reliance Industries adalah perusahaan swasta terbesar di India. Termasuk kategori di antara 500 Perusahaan besar dunia. Ruang lingkup bisnisnya meliputi bidang energi, keuangan, telekomunikasi, bioteknologi, ritel dan sebagainya. Reliance Industries memiliki sumber daya keuangan yang sangat kuat. 

Ada data yang menunjukkan bahwa asset Reliance Group menyumbang 3,5% total PDB India. Dengan kata lain, diantara 4 orang di India ada satu orang yang pasti memiliki saham Reliance Group.

Namun, yang lebih berharga daripada sumber keuangan adalah pengaruh Mukesh dalam politik India. Keluarga Ambani dikenal sebagai ” keluarga Rockefeller India”. Keluarga ini tidak hanya mengontrol banyak industri pilar di India. Tetapi juga memiliki hubungan sangat dekat dengan para pemimpin politik dari berbagai partai. Istilahnya, mereka dapat ” memanggil angin dan hujan ” di arena politik India. 

Sejauh mana? 

Bayangkan, ada data menunjukkan bahwa keluarga Ambani “menghafal semua” hari ulang tahun dan hari jadi pernikahan tokoh-tokoh penting politik India. India, negeri dengan birokrasi yang sangat parah, namun Reliance Group dapat memperoleh persetujuan proyek apa pun dalam waktu singkat. Bahkan juga dapat memengaruhi pemerintah untuk mengumumkan kebijakan industri yang hanya bermanfaat bagi Reliance Group tersendiri.

Dengan kondisi unik tersebut, Jio bisa dikatakan terlahir dengan “sendok emas.” Yang lebih menguntungkannya lagi, Jio juga menempati semua Kunci Ekosistem dalam berbagai industri di India. 

Karena dalam beberapa tahun terakhir, Reliance Group secara aktif bertransformasi dari bidang penyulingan minyak dan petrokimia ke bidang Digitalisasi. Mukesh Ambani menjelaskan bisnis digital seperti ponsel pintar, platform sosial, E-Commerce, pembayaran online, dan media streaming dianggap sebagai titik pertumbuhan kekayaan berikutnya. 

Dengan cara ini, Jio telah menjadi ” posisi strategis ” dan terpenting bagi Reliance Group. Jadi bayangkan, Bagaimana mungkin Reliance Group tidak mendedikasikan segala sumber daya untuk Jio?

Dengan dukungan “pohon besar” seperti Reliance Group, kita dapat dengan mudah memahami mengapa Jio memiliki kepercayaan diri untuk berperang harga dengan raksasa industri seperti Vodafone dan Bharti Telecom.

Tentu saja, ambisi Jio tidak hanya untuk menjadi hegemoni industri telekomunikasi. Tetapi juga menggunakan pasar Internet seluler yang telah dimenangkannya untuk segera di ekspansikan di bidang vertikal seperti media, keuangan, e-commerce, pendidikan,  perawatan medis maupun industri Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan yang sedang panas saat ini.

Jio Platforms telah meluncurkan serangkaian aplikasi baru yang sangat memukau. Layanan seperti software instant messenger Jio Chat, aplikasi Jio TV, aplikasi browsing berita Jio Newspaper, layanan Jio Cloud, maupun aplikasi pembayaran Jio Money dll. Nafsu makan Jio memang tidak kecil.

Di antara semua bisnis baru perkembangan terbaiknya adalah platform bisnis E-Commerce – Jio Mart. Statistik menunjukkan pendapatan tahunan Jio Mart mencapai 22 miliar dolar AS. Jio telah membuka hampir 12.000 toko fisik offline yang mencakup 7.000 kota besar dan kecil di India. 

Jio Mart memiliki aksi baru baru-baru ini. Yaitu mengumumkan pengiriman gratis untuk semua pesanan. Tanpa ada harga awal. Anda harus tahu, Fondasi industri logistik India sangatlah lemah. Sehingga, pengiriman gratis sangat menarik bagi para pengguna.

Di samping itu, Anda juga dapat melihat ambisi Jio membangun kerajaan Internet dengan rantai ekologis penuh. Kerajaan Internet ini tidak hanya berpusat di India. Tetapi juga di seluruh dunia. Mukesh Ambani mengatakan dalam pidatonya dia yakin sudah waktunya perusahaan produk dan layanan digital global muncul di India dan menjadi salah satu perusahaan terbaik di dunia.

Tapi Anda mungkin juga bertanya, bisnis Jio saat ini masih terkonsentrasi di India, apakah mereka benar-benar mampu berkembang menjadi raksasa teknologi global seperti Google dan Alibaba?

Tentu saja sangat memungkinkan. 

Salah satunya adalah pasar Internet India telah menjadi tempat perebutan oleh raksasa teknologi dunia. India memiliki basis populasi yang sangat besar. Struktur populasi berusia muda. Tingkat penetrasi Internet selulernya masih sangat rendah. 

Orang terkaya India Mukesh Ambani dan Jio Platformsnya

Artinya, pasar India memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar. Pengguna 4G India saat ini masih memiliki 754 juta peluang untuk berkembang. Itulah sebabnya, YouTube memilih untuk merilis fitur baru di India.

Sekarang, Jio telah menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di India, dan memiliki hubungan pemerintah yang begitu kuat di belakangnya. Tidak ada keraguan bahwa Jio akan menjadi penyedia paling penting dari ” infrastruktur baru ” di India. Dan menikmati dividen pembangunan besar tentunya, yang akan meletakkan dasar kuat untuk perkembangannya menjadi Perusahaan Teknologi Raksasa India.

Alasan lainnya, Jio Platforms sebenarnya sudah menjadi ” Perusahaan internasional “. 

Tahun ini, Jio telah mencetak berita yang sangat eye-catching. Jio telah menerima 14 investasi besar dalam waktu singkat tiga bulan. Investor Besar seperti Facebook, Intel, Google, dan Qualcomm, serta Silver Lake Partners. Tentu saja, tidak ketinggalan Pan Lembaga investasi ternama seperti Atlantic Investment dan KKR. Total investasi sebesar US$ 20 miliar. Ketika berita itu dikeluarkan, banyak orang yang terkejut.

Banyak Boss besar asing berbaris untuk berinvestasi di Jio. Tentu saja mereka semua memiliki sempoa kecil tersendiri. Mereka berusaha mengambil keuntungan dari pasar Internet India yang berkembang pesat dengan memegang saham di Jio. Namun pada gilirannya, ini juga memberi Jio kesempatan untuk belajar dari Google, Microsoft, dan Facebook. Serta mendapatkan teknologi dan pengalaman yang relevan melalui kerja sama.

Dalam hal komputasi awan, Jio dan Microsoft telah mencapai rencana kerjasama jangka panjang 10 tahun. Untuk membangun beberapa pusat data di India dan menyebarkannya dalam layanan komputasi awan Azure Microsoft. 

Di bidang pembayaran online, Jio Mart bekerja sama dengan perangkat lunak Instant Messenger Facebook–WhatsApp. Yang memungkinkan pengguna WhatsApp berbelanja langsung dari Jio Mart di dalam perangkat lunak tersebut. WhatsApp memiliki 400 juta pengguna di India, kerja sama semacam ini bisa sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Yang lebih menarik adalah dalam sektor 5G, Jio mengumumkan akan bekerja sama dengan Google untuk bersama-sama mengembangkan smartphone 5G entry-level ke pasar global. Tepatnya pada bulan Juli tahun ini, Jio mengumumkan bahwa mereka memiliki 100% solusi 5G yang dikembangkan sendiri.

Seperti yang Anda ketahui, Google memiliki keunggulannya sendiri dalam aplikasi perangkat lunak dan sistem operasi seluler. Beberapa analis juga percaya bahwa ponsel yang diluncurkan bersama oleh Jio dan Google kemungkinan besar akan menjadi perangkat terminal 5G paling hemat biaya di dunia.

Perusahaan Teknologi Raksasa India
Perusahaan Teknologi Raksasa India Jio Platforms (Image: Techbugs)

Jio terus mengisi sayapnya melalui kerja sama dengan perusahaan teknologi raksasa dunia. Dan mengumpulkan energi untuk pertumbuhannya di masa depan di pasar global.

Just like grandma says, kemungkinan besar Perusahaan Teknologi Raksasa India Jio Platforms akan menjadi raksasa Internet Global. Peningkatan pesat Jio adalah hasil jalinan dari berbagai kekuatan.

Seperti sumber daya keuangan Reliance Group yang sangat kuat, pengaruh keluarga Mukesh Ambani dalam politik India, dan berbagai pergulatan Raksasa Teknologi Dunia baik secara terang-terangan atau sebaliknya.

Tapi tidak peduli dari sudut pandang mana, Perusahaan Teknologi Raksasa India Jio Platforms adalah perusahaan yang layak untuk terus diperhatikan. Bagaimanapun juga, kemunculannya telah membawa perubahan dramatis pada industri telekomunikasi India, dan kerajaan Internet baru juga akan segera muncul. Berdasarkan perkembangan tren ini, raksasa teknologi global berikutnya akan benar-benar terlahir di India.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.