Advertisements

Potensi Jaringan 5G bagi Bisnis VR dan AR

Oleh: Ricky Suwarno

1 Agustus 2019

Perasaan paling utama untuk teknologi Virtual Reality (VR), adalah subversi metode transmisi informasi tradisional. Mengubah cara baru berinteraksi antara manusia-komputer.

Integrasi VR menggunakan teknologi multi-domain, seperti multimedia, alat sensor, metode tampilan baru, Internet dan AI. Sehingga Memperluas persepsi manusia. Dan mengubah bentuk produk serta layanan. Membawa pengaruh besar dalam bidang ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan kehidupan.

Jaringan 5G mempercepat pengembangan VR dan AR

Saat ini, dengan jaringan 5G, industri VR maupun AR telah memasuki babak  pengembangan baru. Teknologi VR memungkinkan pengembangan cerdas dan efisien untuk seluruh industri.

“Bidang hiburan menjadi “medan perang” penting bagi VR/AR”

Setelah mengalami pertumbuhan eksplosif antara tahun 2014-2016, industri VR berangsur-angsur menjadi “rasional” pada satu setengah tahun berikutnya. Permintaan tentang kualitas gambar mulai mengalami perubahan kualitatif. VR diberdayakan untuk menciptakan “adegan virtual” seperti dunia nyata.

Jaringan 5G dan VR akan membawa lebih banyak skenario penggunaan di pasar To B. Bagaimana mempersempit kesenjangan antara harapan tinggi pengguna, dan pengalaman aktual dari produk-produk VR telah menjadi tugas utama bagi konsumen. Maupun industri dan pengembangan VR termasuk AR.

Pada awal Musim semi tahun ini, Jiangxi China Satellite TV meluncurkan VR Spring Festival malam Imlek tentang panorama ultra-definisi tinggi berdasarkan jaringan 5G. Festival Imlek ini menggunakan teknologi 5G dari Jiangxi Unicom. Mengadopsi solusi video panorama VR. Untuk pengambilan gambar secara terus menerus dengan beberapa kamera panorama 8K ultra-high-definition yang dipasang di dalam dan diluar panggung.

Setelah splicing dan video encoding dan decoding, panorama tersebut segera ditransmisikan kembali melalui jaringan 5G. Transcoding video diimplementasikan melalui terminal yang berbeda, seperti kacamata VR dan ponsel.

“Konten berkualitas tinggi, dan “traffic tinggi” adalah fondasi penting untuk pengembangan industri VR. Mengejar realisme real-time memerlukan bandwidth yang tinggi dan latensi jaringan komunikasi.  

Penyajian konten terminal VR sangat bergantung pada kemampuan transmisi, menyimpan, dan mengkomputasi data. Bandwidth besar dan latensi rendah 5G dapat memberikan fondasi komunikasi yang baik. Memenuhi kebutuhan tampilan riil time dari konten VR ultra-tinggi. Serta pengalaman interaksi antara manusia-komputer yang lancar.

VR juga telah mencapai kemajuan di bidang industri. Saat ini, VR telah menjalankan seluruh siklus manufaktur cerdas seperti desain dan pengembangan, manufaktur, pelatihan karyawan, inspeksi pemeliharaan, dan layanan purna jual atau after sales service.

Kombinasi digital hygiene dan VR mendorong transformasi produk dalam desain, produksi, perbaikan dan pemeliharaan. Digital Hybrid menggunakan model fisik untuk mensimulasikan proses memperoleh data, dengan menggunakan alat sensor untuk menyelesaikan pemetaan ruang virtual. Perubahan digital tidak hanya menduplikasi bentuk. Tetapi juga menyalin struktur internal. Melalui model 3D mobil yang dihasilkan oleh teknologi perubahan digital, kita dapat melihat bagian-bagian dan persendian internal berubah selama pengoperasian mobil.

Teknologi perangkat keras dan perangkat lunak dalam Era 5G akan membawa perubahan besar dalam industri VR.

Pertama, perangkat wearable VR akan terus meningkatkan integrasi perangkat keras dan perangkat lunak, supaya VR semakin ringan dan memudahkan pergerakan. Dengan tujuan utama kenyamanan pemakaian sehari-hari.

Kedua, platform pengembangan semakin memperkuat tingkat standardisasi dan keterbukaan. Kemajuan ini membantu perusahaan mengurangi biaya pengembangan dan promosi. Supaya dapat menghindari fragmentasi produk VR.

Jaringan 5G merubah total kehidupan manusia di Era baru

Ketiga, kecepatan produksi konten akan semakin meningkat. Pembuatan konten VR tradisional membutuhkan sumber daya manusia yang besar. Di masa depan, hasil pemindaian yang halus akan dapat diimplementasikan dalam perangkat genggam.

Keempat, ekosistem aplikasi VR akan semakin sempurna.  Setelah bertahun-tahun pertumbuhan yang cepat, dengan persaingan yang ketat, aplikasi VR telah membentuk ekosistem yang lengkap. Dengan sedemikian banyak R&D dasar, pengembangan platform dan peralatan, serta banyaknya aplikasi dan pengembangan konten perusahaan yang terlibat.

Just like grandma says, pasar konsumen akan menjadi lebih populer. Industri VR dan AR akan mengalami percepatan dan kematangan. Para konsumen akan dapat menerima produk secara bertahap. Sampai akhirnya, membentuk efek skala dan model laba yang memuaskan.

Advertisements
Categories: 5G vr arTags: , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: