Advertisements

Rahasia kesuksesan Silicon Valley

Rahasia kesuksesan Silicon Valley adalah ekosistem. Dimana para investor dan pengusaha yang telah sukses menjadi mentor bagi pengusaha yang baru memulai startup mereka. Saya sangat berterima kasih kepada lingkungan kerja, maupun lingkaran teman di masa lalu. Sehingga, saya memiliki peluang akses ke orang-orang pintar dari seluruh dunia.

Banyak dari mereka memiliki pandangan yang sangat unik tentang dunia. Pandangan ini mungkin tidak terbaca di media. Sehingga, saya berharap bisa membagikan pengalaman dan pengetahuan ini kepada teman-teman di tanah air. Pengetahuan tentang rahasia kesuksesan Silicon Valley termasuk raksasa internet China.

Rahasia kesuksesan Silicon Valley

Pertama kalinya, saya ke AS adalah mengikuti kelompok studi. Diantaranya, dari para insinyur ke pejabat pemerintah, maupun dari pelajar sampai ke pengusaha. Tidak ada yang meminta untuk mengunjungi Wal-Mart, atau Exxon Mobil. Sebaliknya, mereka yang datang ke AS adalah untuk memperdalam ilmu. Walaupun kebanyakan dari mereka bukan praktisi di industri IT. Tetapi, perusahaan yang paling ingin mereka kunjungi adalah Apple, Amazon, Microsoft, Google dan Facebook. Dan, tentu saja Ricky adalah salah satu diantaranya. Alasannya, Karena perusahaan-perusahaan inilah yang menentukan arah masa depan.

Apple adalah perusahaan dalam satu dekade ini yang membawa dunia memasuki Era baru. Sebenarnya, kecerdasan buatan atau AI telah muncul sejak 60 tahun yang lalu. Meskipun AI telah membawa banyak hasil penelitian terus menerus, namun perhatian global baru sepenuhnya terfokus, yakni pada saat Alpha Go mengalahkan pecatur Go nomor satu dunia Lee Sedol pada tahun 2016.

Demikian pula, VR yang sudah berusia tiga puluhan. Karena akuisisi Facebook terhadap Oculus VR menjadikannya sebagai topik yang memanas kembali.

Menurut Piero Scaruffi, penulis buku “the hundred years of Silicon Valley” menyimpulkan salah satu rahasia kesuksesan Silicon Valley adalah membangun merek global di waktu sangat awal. Dan memperoleh pengakuan konsumen di seluruh dunia. Setiap perusahaan yang diakui oleh konsumen di seluruh dunia pasti memiliki banyak pengikut. Seiring meningkatnya banyak pengikut, ada harapan merealisasikan hal-hal yang tidak dapat dilakukan sebelumnya. Karena itu, perusahaan Indonesia harus memperhatikan pembangunan merek kita sendiri.

Kesuksesan kedua yang disimpulkan oleh Scaruffi agak mengejutkan. Dia percaya bahwa Rahasia kesuksesan Silicon Valley adalah karena sifat melawan atau memberontak dari kenyataan. Misalnya, perusahaan induk semikonduktor dunia “Fairchild semiconductor” didirikan oleh delapan pelawan. Sedangkan perusahaan Intel juga berasal dari salah satu pendiri Fairchild.

Sebenarnya, sebelum Silicon Valley terbentuk, ada sebagian ilmuwan yang tidak puas dengan status quo. Mereka melarikan diri ke Silicon Valley, karena bisa menjauhi pusat politik, budaya, dan finansial AS di bagian timur, termasuk Eropa.

Mereka yang tidak menyukai budaya tradisional Amerika Serikat akan pergi ke Wilayah Teluk San Francisco (Silicon Valley masih belum terbentuk saat itu). Atau melalui bentuk karya sastra (hippies), maupun melalui bentuk-bentuk politik (protes) untuk mewujudkan impian mereka mengubah dunia. Tentu saja, ide-ide aneh ini tidak berhasil. Tetapi beberapa dari mereka adalah pakar teknologi. Setiap hari memikirkan cara subversi atas industri yang telah ada.

Dan pada akhirnya setelah perusahaan Fairchild semiconductor, mereka berhasil mendirikan satu per satu perusahaan kecil yang berbasis inovasi. Dan, teknologi adalah alat bagi para inovator ini dalam mengubah dunia.

Seperti yang disimpulkan oleh Scaruffi, Rahasia kesuksesan Silicon Valley adalah hasil dari berbagai tabrakan budaya. Sangatlah berinspirasi buat saya. Serta meningkatkan pemahaman saya. Kita mungkin sering mendengar tentang kebebasan akademik, masing-masing orang mengekspresikan pendapat yang berbeda, dapat mendorong kemajuan akademik. Saya rasa ini adalah salah satu contohnya.

Demikian pula, dalam kehidupan kita sehari-hari. Seandainya kita mendengar pendapat yang berbeda dan, memikirkan rasionalitasnya dan menjadikannya sebagai bagian dari pengetahuan kita. Secara otomatis juga meningkatkan kognitif kita.

Itulah sebabnya, mengapa Steve Jobs, Elon Musk, Bill Gates, maupun Sergey Brin berpikir untuk mengubah dunia setiap hari. Karena ini adalah tujuan hidup mereka yang sebenarnya.

Rahasia kesuksesan Silicon Valley
Rahasia kesuksesan Silicon Valley adalah pada ekosistemnya

Tentu saja, saya rasa kita, Indonesia tidak perlu mereplikasi Silicon Valley seperti yang dilakukan oleh Sinar Mas. Atau China sendiri yang memiliki ribuan perusahaan startup. Mereka juga meniru Silicon Valley. Mereka kebanyakan tidak sukses, tetapi juga tidak gagal. Karena mereka telah berevolusi dengan caranya sendiri seperti Beijing Zhong guancun.

Just like grandma says, Mereplika Rahasia kesuksesan Silicon Valley ibarat Papua mau meniru Jakarta. Jakarta adalah pusat bisnis dan politik. Membangun kota yang identik dan meninggalkan politik, tidak menjadikan Papua menjadi Jakarta. Saya selalu percaya bila seseorang, sekolah, daerah maupun suatu pemerintahan tidak boleh kehilangan diri sendiri. Menemukan jalan yang paling sesuai dengan diri kita sendiri adalah jalan yang tepat untuk pertumbuhan dan kemajuan.

Di masa depan, Ricky akan terus berbagi ide-ide dan hal-hal baru dari pengalaman hidup saya. Pandangan saya mungkin kurang benar, tetapi paling tidak bisa menjadi referensi. Karena banyak orang di dunia yang berbeda ide maupun pikiran dari kita. Mengenali mereka dapat memperkaya pengalaman hidup kita, dan menjadikan diri kita lebih dewasa dan sempurna.

Advertisements
Categories: Rahasia kesuksesan Silicon Valley Google AppleTags: , , , , , , , ,

1 thought on “Rahasia kesuksesan Silicon Valley

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: