Rahasia kesuksesan Wall Street

Rahasia kesuksesan Wall Street mungkin tidak asing lagi bagi kita semua terutama mereka yang bergerak di dunia finansial. Di sinilah gedung New York Stock Exchange (NYSE) berada. Tempat dimana transaksi keuangan yang bernilai milyaran dolar terjadi setiap hari. Tidaklah berlebihan bila Wall Street disebut sebagai sentral atau pusat keuangan dunia. Sehingga dunia sering mengibaratkan Wall Street ataupun China sebagai pabrik dunia bila terserang flu, maka bisa dipastikan pelosok dunia lainnya akan bersin-bersin terkena efeknya.

Rahasia kesuksesan Wall Street

Mungkin jika ada teman yang bertanya, di dunia sekarang ini di samping kekuatan tradisional Amerika Serikat, China, Inggris, dan Rusia, siapa lagi yang memiliki kekuatan paling besar?

Jawabannya adalah: Wall Street.

Menurut buku terkenal “The Great Game: the emergence of wall street as a world power”, Meskipun Wall Street bukan suatu negara dan luas permukaannya tidaklah besar, namun dari segi kekuatan finansial, Wall Street adalah kerajaan keuangan yang dapat bersaing dengan negara adidaya manapun. Merupakan jantung dan pusat dunia kapitalis.  

Apa rahasia kesuksesan Wall Street, sehingga bisa besar pengaruhnya terhadap dunia. Pertama, Wall Street adalah suatu pasar bebas. Hanya kebebasan sejati yang bisa menghasilkan kekayaan yang tak kunjung habisnya. Gim di pasar bebas tidak sama dengan gim bermain kartu. Gim Kartu adalah permainan zero-sum. Artinya, hanya ada satu pemenang. Jika satu orang menang, pasti ada satunya yang kalah.  

Namun dalam Gim Wall Street, semua pemain bisa saja menjadi pemenang. Atau hampir  tidak ada yang kalah. Karena secara teori, selama Anda bisa berpikir rasional, dan menguasai dukungan info pasar yang lengkap, maka Anda bisa menjadi pemenangnya. Tentu saja, dalam kehidupan nyata, hampir tidak mungkin orang-orang bisa selalu berpikir rasional. Atau selalu menguasai informasi paling lengkap.

Yang berarti pada kenyataannya, akan selalu ada yang kalah dalam pasaran bebas. Tapi itu tidak menjadi masalah. Selama keuntungan lebih besar daripada kerugian, pasti selalu ada orang yang datang berinvestasi. Dan Memang inilah yang terjadi. Keuntungan di Wall Street menjadi semakin tinggi.

Kedua, dalam menghadapi pasang surut pasar saham, orang Amerika di Wall Street tahu lebih banyak tentang kebijaksanaan berinvestasi. Industri keuangan AS telah menghadapi segala macam kepanikan dalam sejarah. Guncangan ekonomi yang jauh lebih besar daripada Eropa. Wall Street tidak hanya menikmati kemakmuran yang tidak pernah dialami negara lain, tetapi sebaliknya juga mengalami keruntuhan yang mungkin tidak pernah dialami orang lain juga. Tetapi yang menariknya adalah bahwa kegagalan atau keruntuhan ini juga ada sisi yang menguntungkan ekonomi AS.  

Misalnya, dalam sejarah yang sangat panjang dimasa lalu, waktu Inggris lebih kaya dibanding AS. Jadi Inggris ingin berinvestasi di AS. Tentu saja, Amerika Serikat menyambut dengan senang hati. Karena mereka kekurangan uang untuk membangun kereta api dan pabriknya dulu.  

Sehingga, Inggris menginvestasikan banyak uang di pasar saham AS. Namun, pasar saham AS tidak stabil dan sering jatuh. Ketika pasar saham AS jatuh, Inggris terpaksa harus menjual sahamnya ke Amerika dengan harga murah. Akibatnya, orang Amerika tidak hanya membangun jalur kereta api dan pabrik-pabrik dari investasi uang Inggris, tetapi juga memperoleh saham kepemilikan kereta api dan pabrik-pabrik ini. Yang akhirnya menghancurkan kekayaan Inggris secara terselubung.  

Orang-orang di Wall Street ini mampu mengalahkan Eropa dalam perang kekayaan terakhir, karena mereka tidak peduli dengan kerugian sesaat, sehingga pada akhirnya sistem keuangan seluruh dunia berputar dan beroperasi atas kendali mereka.

Rahasia kesuksesan Wall Street
Rahasia kesuksesan Wall Street terletak pada pasar bebasnya

Alasan ketiga rahasia kesuksesan Wall Street yang juga merupakan senjata ajaib bagi Wall Street untuk mendominasi dunia. Yakni intervensi tepat waktu dari pemerintah AS di saat krisis. Setelah pasar kembali stabil, pemerintah kemudian menarik diri secepat kilat.  

Mantan Gubernur Federal Reserve pernah berkata, “Untuk menghadapi krisis, Anda hanya perlu membuka pintu air dan membiarkan uang membanjiri pasar.” Seperti Pada tahun 1792, Menteri Keuangan Hamilton menyelamatkan krisis pasar saham. Demikian juga pada tahun 1987, ketika Fed Bank Sentral AS melakukan intervensi pasar saham, ia berhasil membawa AS menghindari kepanikan nasional.  

Just like grandma says, kehebatan mereka secara umum adalah bahwa ketika krisis berakhir, mereka langsung menarik diri. Dan tidak akan pernah bernostalgia kepada prestasi mereka. Membiarkan pasar saham mendapatkan kembali vitalitasnya dengan kekuatannya sendiri. Inilah rahasia kesuksesan Wall Street. Jatuh, bangun lagi, jatuh lagi dan bangun lagi dan kemudian menciptakan keajaiban pasar berikutnya. Untuk mempertahankan kekayaan Anda, ada baiknya Anda selalu memperhatikan perkembangan Wall Street.

Advertisements
Categories: Rahasia kesuksesan Wall Street-The Great Game: the emergence of wall street as a world power

1 thought on “Rahasia kesuksesan Wall Street

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: