Advertisements

Siapa Google selanjutnya

Oleh: Ricky Suwarno

18 February 2019

Manusia adalah makhluk yang paling tinggi peradabannya di bumi ini. Karena manusia tahu cara berpikir. Dan pandai menciptakan peralatan untuk meningkatkan taraf hidupnya. Demikian juga, dengan teknologi baru. Semua orang berusaha mencari untuk menjadi Google selanjutnya. Perusahaan yang penuh dengan inovasi. Yang membawa manusia ke peradaban termaju. Ke peradaban berikutnya. Saya rasa jawabannya mungkin terletak pada AR. Platform Augmented Reality, Mirrorworld. Yang akan menjadi Google selanjutnya.

Apa itu Mirrorworld? Atau di bahasakan sebagai Dunia Cermin. Kata mirror awalnya dipromosikan oleh ilmuwan komputer universitas Yale, David Gelernter. Benda-benda didunia cermin, tidak hanya memiliki penampilan benda-benda nyata. Tetapi juga latar belakang. Makna. Dan fungsi benda-banda. Kita bisa berinteraksi dengannya. Mengendalikannya. Dan mengalaminya persis seperti yang kita lakukan di dunia nyata.

Seperti yang dikatakan Kevin Kelly tentang dunia cermin. Yang secara fundamental akan mengubah kehidupan manusia di planet bumi ini. Kehidupan seperti di internet dan media sosial. Dunia virtual dan realitas ini pada akhirnya akan sebesar dengan planet bumi yang kita tinggal.

Di dunia cermin, kita akan dapat mencari ruang fisik seperti kita mencari teks. Misalnya, bisa membantu kita menemukan semua bangku di taman yang dapat melihat matahari terbit. Kita juga dapat menghyperlink objek tertentu ke jaringan fisik. Seperti halnya hyperlink jaringan ke sebuah kata. Semua benda nyata akan memiliki saudara kembar digital. Perkembangan dunia cermin akan berkembang jauh lebih cepat dari yang bisa kita bayangkan.

Katalog produk rumah online, dari perusahaan yang bernama Wayfair. Pengecer peralatan rumah tangga yang menunjukkan puluhan ribu macam produk. Dimana tidak semua foto diambil di studio foto. Sebaliknya, wayfair menemukan bahwa untuk membuat model komputer tiga dimensi untuk setiap item jauh lebih murah. Dengan teknologi ini. Saya anjurkan Mungkin kita bisa melihat setiap gambar disitus web wayfair dengan cermat. Baru bisa memastikan apakah itu model objek virtual. Atau nyata.

Dunia cermin telah memasuki masa pengembangan. Dan walaupun dunia cermin belum sepenuhnya ada. Tetapi dunia cermin akan datang segera.

Mungkin dalam waktu dekat, terutama dinegara maju yang memimpin dalam teknologi ini. Seperti Amerika, Eropa dan China telah memasuki tahap percobaan. Dimana nantinya, setiap tempat dan setiap hal di dunia nyata. Seperti setiap jalan, setiap tiang lampu, setiap bangunan, setiap kamar, dan sebagainya akan memiliki pemandangan digital skala penuh di mirrorworld.

Dunia cermin memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Dan para pakar percaya, bahwa mirrorworld akan menjadi platform teknologi jaman ke tiga. Dalam sejarah internet manusia di muka bumi ini.

Platform teknologi skala besar yang pertama adalah internet. Yang mendigitalkan informasi dan mempengaruhi pengetahuan dengan algoritma. Sedangkan, platform terbesar kedua adalah media sosial. Yang terutama dioperasikan pada ponsel. Mendigitalisasi manusia. Dan menundukkan perilaku manusia dan hubungan dengan kekuatan algoritma.

Just like grandma says, kita sekarang memasuki awal platform ketiga. Yang akan mendigitalkan semua wilayah dan tempat di dunia ini. Pada platform ini, segala objek dan wilayah akan dapat dibaca oleh mesin. Dan semuanya akan dikendalikan oleh algoritma. Barangsiapa yang mendominasi platform teknologi ketiga, yang super besar ini, akan menjadi orang atau perusahaan terkaya. Dan terkuat dalam sejarah peradaban manusia. Teknologi yang dipercaya akan menjadi Google atau Apple selanjutnya.

Namun, Dunia cermin masih membutuhkan waktu setidaknya 10 tahun untuk berkembang. Supaya cukup menampung jutaan pengguna. Dan tentu saja, membutuhkan waktu puluhan tahun untuk teknologi yang lebih matang. Tampaknya, kehidupan di dalam beberapa dekade mendatang akan jauh exciting dengan jaman sebelumnya. The question is, are you ready?

Advertisements
Categories: Algoritma, artificial intelligence indonesia, Mirrorworld, Siapa GoogleTags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: