Advertisements

Sistem Kredit Sosial Cina

Sistem Kredit Sosial Cina berkaitan dengan aset dan Kredit seseorang. Kredit adalah penilaian kata yang janjikan. Semakin tinggi kredit Anda, semakin tinggi nilai janji ini. Di dalam Masyarakat tradisional Cina, satu-satunya orang yang memiliki kredit hanyalah “raja atau kaisar”. Informasi kredit seseorang terdesentralisasi dan terisolasi, karena kekurangan infrastruktur masyarakat kredit saat itu.

Sistem Kredit Sosial Cina akan segera diaktifkan di tahun 2020. Walaupun, sistem ini sudah mulai dipraktekkan sejak tahun 2014.

Sistem Kredit Sosial Cina

Para teknologi Raksasa AS merasa iri dan cemburu terhadap lingkungan di Cina. Menurut mereka, orang Cina kurang peduli dengan hak privasi mereka. Raksasa teknologi seperti Alibaba dan Tencent bisa dengan mudah menggunakan data pribadi penduduknya. Namun, di satu sisi, Google maupun Facebook yakin kualitas data yang dirilis oleh platform seperti Alibaba dan Tencent jauh lebih baik dibanding AS. Yah, segala sesuatu memang seperti Pedang bermata dua. Ada baik dan buruknya.

Sistem Kredit Sosial Cina telah mengadopsi teknologi tinggi seperti Artificial Intelligence atau AI sistem pengenalan wajah. Pemerintah Beijing telah memasang kamera pengawasan CCTV sebanyak 170 juta kamera cerdas beberapa tahun yang lalu. Konon kabarnya, kamera cerdas ini akan bertambah 200 juta lagi dalam satu dua tahun mendatang.

Sejak zaman dulu, nenek moyang orang Cina selalu memegang Kode moral dan prinsip “Kebaikan, Kebenaran, Kesopanan, Kebijaksanaan dan Kredit”. Kelima unsur ini telah menjadi elemen inti dari sistem nilai negara Cina.

“Kredit” adalah jaminan dasar untuk interaksi sosial Cina. Seseorang tidak akan berhasil bila tidak ada Kredit. Demikian pula halnya, Negara akan runtuh bila tidak ada Kredit. Ini  menjelaskan betapa pentingnya “Kredit seseorang”.

Kenyataannya, ekonomi masyarakat berkembang pesat. Kita perlahan-lahan melupakan ajaran nenek moyang. “Lao Lai atau Orang yang berhutang dan tidak mau bayar” banyak bermunculan. Masyarakat telah mencapai keadaan patologis yang berbahaya.  Akibatnya, Beijing mulai memprakarsai pembangunan sistem kredit sosial Cina pada bulan Oktober 2003.

Sejak tahun 2014, lebih dari 30 sistem percontohan telah diluncurkan di berbagai provinsi dan kota di Cina. Beijing mengusulkan dalam “Garis Besar Perencanaan Pembangunan Sistem Kredit Sosial (2014-2020)”, bahwa pada tahun 2020, hukum dasar, peraturan dan standar untuk kredit sosial pada dasarnya akan diimplementasikan secara menyeluruh. Ini bukan hanya untuk kebutuhan konstruksi ekonomi China, tetapi juga kebutuhan koreksi diri nasional mereka.

Berikut adalah Beberapa hukuman bagi penghutang yang mempunyai Kredit jelek:

  • Larangan untuk naik transportasi kereta cepat atau pesawat terbang

Menurut data Otoritas, di tahun 2017 ada 7,33 juta orang di China dilarang membeli tiket pesawat. Dan 2,76 juta orang dilarang membeli tiket kereta cepat. Jumlah ini sekarang bahkan semakin meningkat.

  • Batasi kecepatan jaringan internet

Pemerintah akan membatasi konsumsi jaringan di internet, dan pengontrolan properti jaringan si penghutang.

  • Larangan untuk masuk sekolah terbaik

Pada bulan Juli 2018 yang lalu, seorang penghutang berat di kota Wenzhou hampir menyebabkan anaknya harus Drop Out dari sekolah. Untungnya, penghutang ini melunasi utangnya tepat pada waktunya. Meskipun praktik ini telah menimbulkan banyak kontroversi, namun, peraturan ini membawa dampak positif untuk orang berkredit buruk.

  • Pembatasan karir atau pekerjaan

Orang berkredit buruk akan dilarang bekerja diperusahaan milik negara atau BUMN. Termasuk perusahaan baik lainnya. Pemerintah juga memasukkan penipuan, korupsi dan kejahatan lain ke dalam faktor penilaian kredit sosial. Tindakan ini membawa pengaruh positif terhadap image suatu bangsa.

Pada saat yang sama, jika Anda adalah seorang freelancer, Anda juga akan dilarang untuk menyewa gedung perkantoran atau membeli real estat.

  • Larangan akomodasi hotel berbintang lima

Selain larangan untuk akomodasi hotel berbintang lima, si penghutang juga akan dibatasi akses ke beberapa tempat berkonsumsi tinggi, seperti Night Club dan lapangan golf.

  • Dilarang memelihara Hewan peliharaan

Pada tahun 2017, propinsi Jinan mulai menerapkan sistem kredit sosial untuk pemilik anjing. Jika anjing peliharaan dibawa keluar tanpa tali, atau anjing tersebut mengganggu atau menggigit orang lain, pemilik anjing akan dikurangi nilai kredit skornya. Dan dilarang untuk memelihara binatang peliharaan lagi.

  • Daftar nama di publikkan

Penghutang akan diungkapkan dengan nama lengkap di tempat publik. Sehingga, masyarakat luas dapat ikut mengawasi orang-orang ini. Tindakan ini memberikan tekanan psikologis pada orang-orang tanpa kredit.

Pada tahun 2016, pemerintah juga mendorong perusahaan untuk berkonsultasi dengan orang yang masuk daftar hitam sebelum merekrut staf atau memberikan kontrak pekerjaan.

Sistem Kredit Sosial Cina
Sistem Kredit Sosial Cina termasuk sistem kebangkutan pribadi akan segera dipraktekkan di tahun 2020
  • Pengadilan Tinggi Provinsi Hebei meluncurkan Aplikasi peta Lao Lai.

Aplikasi ini berbasis Location Based Service (LBS) yang bisa mengecek dan menemukan “Lao Lai atau si Penghutang” di radius 2km sekitar kita. Sehingga, restoran atau tempat hiburan sekitarnya bisa menyeleksi dan melarang niat konsumsi mereka.

Just like grandma says, sebaliknya orang yang bernilai kredit tinggi akan mendapat imbalan dan perlakuan yang lebih baik. Misalnya, Anda tidak perlu membayar uang muka untuk memesan hotel, pinjaman dari bank akan diperoleh lebih cepat, ataupun tingkat bunga yang relatif rendah. Bahkan bagi anak muda yang mencari jodoh, akan lebih mudah mendapatkan jodoh yang lebih baik dan cantik. Dengan adanya pembatasan ini, kredit dan perilaku masyarakat secara keseluruhan akan menjadi semakin baik.

Bagaimana sistem penerapan sistem kredit sosial Indonesia? Bagaimana menyeimbangkan privasi pribadi dan kualitas data kita?

Advertisements
Categories: Sistem Kredit Sosial Cina

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: