Sistem Pertanian cerdas Indonesia

Sistem Pertanian cerdas Indonesia harus berbasis iot atau internet of things. Indonesia merupakan Negara yang tanahnya subur. Kaya dengan sumber daya alam. Hingga sangat berpotensi mengembangkan usaha pertanian. Lebih-lebih dalam memasuki jaman kecerdasan buatan atau AI. Dimana data memiliki nilai yang sangat besar. Yang jauh lebih berharga di banding minyak sekarang. Oleh karena itu, bagaimana mengolah data pertanian dan Sistem Pertanian cerdas Indonesia sangatlah penting.

Sistem Pertanian cerdas Indonesia

Masalah yang dihadapi sistem pertanian cerdas Indonesia berbasis iot:

Pertama, sumber data yang sangat kurang. Dan darimana asal data pertanian ini.

Ini mungkin berbeda dengan kehidupan kita sehari-hari. Setiap kali kita mengunjungi wadah sosmed, menjelajahi web, secara otomatis data perilaku kita akan tercatat. Atau waktu kita ke dokter untuk check up kesehatan. Organisasi medis akan menghasilkan data waktu pemeriksaan. Sebaliknya, untuk memperoleh data pertanian, mungkin agak sulit. Kita harus memantau ladang pertanian dari ketinggian. Lewat drone misalnya. Atau melalui berbagai macam alat deteksi untuk pemantauan kesuburan tanah.

Masalah kedua, banyak data yang kurang akurat. Yang tidak bisa mencerminkan situasi nyata ladang pertanian.

Masalah ketiga, penyimpanan data relatif terfragmentasi. Dan belum membentuk efek skala.

Masalah keempat, dan yang paling kritis. Untuk mengembangkan smart agriculture, atau pertanian cerdas, perusahaan data pertanian harus memiliki pemahaman mendalam tentang sector ini. Dan pengetahuan tentang pembersihan dan analisa data.

Kita percaya bahwa intelijen atau kecerdasan adalah arah revolusi pertanian. Karena dunia sedang menyambut kedatangan teknologi kecerdasan buatan, dan integrasi lebih mendalam untuk berbagai industry. Semakin banyak data yang dimasukkan, semakin akurat prediksi dan hasil yang diperoleh. Memasukkan kecerdasan buatan ke dalam seluruh proses pertanian adalah tahap terpenting. Karena mereka yang menguasai teknologi kecerdasan buatan, mungkin tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang industry pertanian.

Jadi, bagaimana mengoptimalkan dan meningkatkan sifat-sifat tanaman melalui komputasi awan, analisis data besar, dan hasil pertanian botani terbaru adalah kunci kesuksesan di Kecerdasan pertanian. Sistem Pertanian cerdas Indonesia terutama berfungsi meningkatkan hasil panen.

Makanya, dianjurkan untuk membangun platform bioinformatika berdasarkan biologi system dan biologi komputasi. Seperti yang dilakukan oleh Benson Hill Biosystems (BHB). Sebuah perusahaan amerika di St. Louis, Missisippi. Pusat startup pertanian.

Awalnya, data untuk platform ini mencakup sejumlah besar DNA dan RNA tanaman. Status pertumbuhan lapangan pertanian. Analisis gambar tanaman. Dan analisis prediksi untuk setiap ekspresi gen karakteristik.

Jadi, apa yang dilakukan BHB ini?

Esensinya seperti mesin pencari, Cognitive Engine. Misalnya, ada orang yang mau mencari blueberry dengan nilai nutrisi yang lebih tinggi. BHB akan menunjukkan gen mana yang ditentukan oleh nutrisi blueberry. Dan dari bank benih blueberry, mencarikan benih yang mungkin mengandung nutrisi lebih tinggi.

Di masa lalu, untuk mencapai tujuan di atas, Termasuk pencarian literature, budidaya rumah kaca, dan pengujian eksperimental. Diperlukan waktu beberapa tahun.

Dengan menganalisa data genomic dan info tanaman, Awan Biologis BHB, juga menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi program pemuliaan. Dimana secara signifikan, akan mengurangi waktu dan biaya dalam seluruh proses.

Untuk memudahkan petani ataupun peneliti, BHB meluncurkan dua jenis paket perangkat lunak untuk penelitian dan pemuliaan. Yang di kenal sebagai “display” dan “breeding”. Bila anda seorang petani, anda dapat menemukan benih yang tepat. Jika anda seorang peneliti, anda dapat menggunakannya untuk membuat prediksi tentang sifat-sifat tanaman. Selain menyediakan layanan analisis data, mereka juga menyediakan alat offline inti yang disebut “pengeditan”

Dengan kata lain, ketika anda menemukan DNA yang diinginkan, anda dapat menggunakan alat edit mereka menyelesaikan pekerjaan pengeditan genetic sendiri.

Proses pengeditan genetik mereka membutuhkan tiga modul fungsional untuk bekerjasama. Locator. Gunting. Dan tinker.

Locator, bertugas mengidentifikasi lokasi potongan kecil DNA. Dan membawa jalan untuk pengguntingan. Sedangkan, gunting bertugas memotong struktur spesifik DNA. Dan akhirnya, di perbaiki oleh tinker.

Apakah pengeditan genetik tanaman itu aman?

Departemen pertanian amerika mengumumkan bahwa tanaman yang dihasilkan teknologi CRISPR adalah aman. sehingga kita tidak lagi terbatas dengan tanaman tradisional. Yang artinya pengeditan genetic akan menggantikan teknologi transgenic tradisional. Menjadi sarana utama peningkatan berbagai macam tanaman di masa depan.

Dapat dikatakan, BHB tidak hanya membuat data pertanian memiliki nilai besar, tetapi juga mempromosikan kemajuan besar teknologi pertanian. Dengan membangun system data cerdas. Platform informasi biologis Crop OS. Dan alat pengeditan offline.

Supaya lebih mudah di mengerti, Layanan yang mereka sediakan seperti membuat kue. Jika anda menginginkan kue dengan rasa tertentu, platform informasi akan menghitung dan memberitahu resep terbaik. Jika formula ini masih belum tersedia, platform dapat membantu memprediksi formula terbaik. Sekaligus membantu meneliti formula baru.

Sistem Pertanian cerdas Indonesia
Sistem Pertanian cerdas Indonesia berbasis iot

So, just like grandma says, karena jumlah dan variasi data pertanian yang sangat terbatas, oleh karena itu, pemahaman yang dalam tentang industry pertanian sangatlah penting. Karena data besar sangat membutuhkan interpretasi para ahli.

Kedua, BHB dengan teknologi mutakhir membantu petani meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan kualitas tanaman. Apalagi dengan kecerdasan buatan, kegunaan data telah meningkat pesat.

Dan ketiga, seiring perkembangan teknologi seperti data besar, platform cloud, dan teknologi pengeditan gen, telah menarik para pakar industry dan investor untuk menerapkan teknologi ini pada pertanian tradisional.

Advertisements
Categories: Sistem Pertanian cerdas Indonesia berbasis iotTags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: