Advertisements

Skenario Aplikasi Kecerdasan Buatan

Skenario Aplikasi Kecerdasan Buatan yang juga dikenal sebagai AI, pertama kali muncul di berbagai film fiksi ilmiah. Pada awalnya kita merasa AI masih jauh dari kenyataan. Tetapi dengan munculnya AlphaGo, robot kecerdasan buatan pertama yang mengalahkan pemain catur Go profesional manusia, menjadikan kecerdasan buatan sudah ada di sekitar kita dalam sekejap.

Skenario Aplikasi Kecerdasan Buatan

Artificial Intelligence atau Kecerdasan buatan adalah model untuk mempelajari manusia. Dimana mencakup berbagai bidang dan teknologi seperti visi mesin, pengenalan sidik jari, pengenalan wajah, pencarian cerdas, permainan, robot, pemrosesan gambar, kontrol cerdas dan sebagainya. Penelitian ini masih terus diperkaya dan diperluas.

Saat ini, para pakar AI sedang mempelajari bagaimana menerapkan hasil penelitian kecerdasan buatan ke dalam berbagai bidang industri seperti Mobil Otonom, medis, pengenalan gambar, pendidikan, e-commerce, rumah pintar dll. Beberapa di antaranya telah mulai diterapkan, dan sebagian besar masih dalam Fase eksplorasi.

Sementara, Kecerdasan Buatan telah mencapai hasil tertentu, sehingga memungkinkan mesin untuk mencapai perakitan produksi. Serta memungkinkan robot untuk melakukan layanan tertentu bagi manusia. Pada saat yang sama, para raksasa internet juga telah merilis chip pemrosesan cerdas. Namun, AI belum dapat meningkatkan dan mengoptimalkan diri sendiri. Masih belum memiliki penilaian komprehensif seperti manusia.

Berikut adalah beberapa Arah dan Skenario Aplikasi Kecerdasan Buatan yang telah mulai diimplementasikan:

 1. Kecerdasan Buatan + pendidikan

Melalui algoritma, AI memasukkan analisis data siswa ke basis pengetahuan yang ada.  Menyesuaikan kursus dan latihan yang sesuai bagi siswa, untuk meningkatkan efek pembelajaran. Misalnya, Beijing telah menerapkan pengajaran Matematika di beberapa SMP-SMA oleh Guru Robot AI. Menggantikan Guru manual. 

Perbedaan dari pengajaran tradisional adalah bahwa pendidikan tradisional diajarkan oleh guru manusia. Semua siswa berada dalam jadwal pelajaran yang seragam. Semua PR dan latihan, serta ujiannya persis sama. Dengan munculnya AI, Metode pengajaran bisa diperkaya. Setiap murid dapat menyesuaikan rencana pembelajaran sesuai dengan situasinya sendiri. Yang jauh lebih tepat sasaran.

2. Kecerdasan Buatan + Mobil Otonom (mobil tanpa pengemudi)

Mobil tanpa pengemudi telah hadir di AS dan China. Walaupun masih dalam tahap Uji-Coba. Tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas dan meningkatnya jumlah mobil, menambah kemungkinan kecelakaan mobil. Munculnya Mobil Otonom dapat mengurangi sebagian besar kecelakaan yang disebabkan oleh manusia. Dengan memberikan solusi perencanaan transportasi yang lebih ilmiah.

3. Kecerdasan Buatan + medis

Menurut laporan, Tencent telah ditunjuk oleh Beijing untuk memimpin dan meluncurkan produk kecerdasan buatan di bidang medis seluruh China. Tencent mengumpulkan keahlian di berbagai bidang dan arah, dengan menggunakan teknologi pengenalan gambar, pemrosesan data besar, dan pembelajaran mendalam. Integrasi dengan teknologi klinis medis dapat membantu dokter melakukan skrining dan diagnosis penyakit. Sangat cepat dan akurat dalam meningkatkan efisiensi dokter. Termasuk pengajaran dan pembedahan jarak jauh di daerah terpencil China lewat jaringan 5G dan AR yang kekurangan pakar dan dokter.

4. Kecerdasan Buatan + rumah cerdas (smarthome)

Rumah atau Keluarga adalah tempat paling penting bagi kita semua. Sektor di mana kecerdasan buatan banyak digunakan. Melalui rumah cerdas, kita bisa dengan mudah  menyesuaikan peralatan rumah tangga seperti pendingin udara atau penghangat ruangan. Menghidupkan air panas ketika kita hampir tiba dirumah. Skenario ini telah banyak diterapkan di beberapa kota maju seperti Shanghai, Beijing maupun LA.

Dengan semakin meningkatnya perangkat cerdas di rumah, tren tindak lanjutnya adalah membuat Alat rumah untuk bisa melihat, mendengar dan berbicara. Sehingga semakin  memahami kebutuhan manusia. Bisa berinteraksi langsung dengan pengguna. Dan membuat furnitur lebih manusiawi. Skenario Aplikasi Kecerdasan Buatan akan semakin beraneka ragam.

5. Kecerdasan Buatan + asisten cerdas

Skenario aplikasi yang banyak ditemui Di bidang ini adalah teknologi pengenalan suara, pengenalan gambar seperti Apple Siri dan Microsoft Xiaobing atau iflytek. Ketika bot obrolan berkembang menjadi asisten cerdas, ia dapat membantu manusia melakukan banyak hal. Seperti membantu mengatur rencana perjalanan, meeting, memesan tiket kereta atau pesawat, memesan hotel dan taksi dll. Melalui asisten cerdas dapat membebaskan kita dari banyaknya pekerjaan yang rumit dan membosankan. Asisten cerdas menjadi Mitra hidup yang intim.

Skenario Aplikasi Kecerdasan Buatan
Skenario Aplikasi Kecerdasan Buatan telah mulai diterapkan dalam beberapa bidang seperti mobil otonom dan medis

6. Kecerdasan Buatan + industrial zone

Konsep industrial zone sebenarnya telah muncul jauh puluhan tahun sebelumnya. Fungsi kecerdasan buatan dalam industrial zone adalah untuk mewujudkan informasi secara sistematik. Dengan menggabungkan teknologi kecerdasan buatan, dapat menyediakan platform tampilan cerdas untuk semua perusahaan dan produk mereka di dalam industrial zone. Mewujudkan visualisasi penuh dan investasi. Meningkatkan efisiensi dalam menarik investasi luar, demonstrasi produk, pemasaran, dan meningkatkan manfaat ekonomi.

Just like grandma says, Skenario Aplikasi Kecerdasan Buatan masih terus dieksplorasi di berbagai bidang. Masa depan kecerdasan buatan masih sangat lama dan panjang. Perlu banyak penetrasi dan integrasi dalam teknologi. Karena suatu hari, saya yakin manusia akan sepenuhnya menikmati manfaat yang dibawakan oleh kecerdasan buatan atau AI.

Advertisements
Categories: Skenario Aplikasi Kecerdasan Buatan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: