Starhopper Prototipe Roket Mars

Starhopper Prototipe Roket Mars pesawat ruang angkasa SpaceX miliknya Elon Musk, menciptakan rekor baru. Dengan perlahan-lahan mengudara setinggi 150meter dari permukaan landasan di Brownsville, Texas AS pada tanggal 28 Agustus yang lalu.

Roket Mars ini berhasil menyelesaikan uji ketinggian rendah dari mesin Raptor generasi selanjutnya, yang tampaknya sangat berhasil.  

Starhopper Prototipe Roket Mars

Mesin Raptor tersebut dirancang untuk menggerakkan roket ruang angkasa milik SpaceX mendatang. Yang semulanya terbilang sangat berat untuk bisa mengudara. Roket pendorong dua tahap. Konon kabarnya Lebih tinggi dari patung Liberty di New York. Yang dapat digunakan kembali dan diharapkan dapat memainkan peran penting untuk menurunkan biaya penerbangan Elon Musk untuk menjelajahi antariksa.

Starhopper mempunyai misi khusus untuk mendarat di planet Mars nantinya.

Elon Musk pernah mengklaim, bahwa SpaceX berencana menggunakan Starhopper untuk membawa penerbangan berawak mengelilingi bulan. Dan mengirim manusia ke planet Mars dalam dekade berikutnya.

Kali ini, keberhasilan Starhopper prototipe roket Mars menyelesaikan uji coba dan mendarat perlahan-lahan telah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Dalam pengujian tersebut, SpaceX menguji mesin metana oksigen cair terbaru “Raptor”

Starhopper Prototipe Roket Mars
Uji coba Starhopper yang berhasil suspensi melayang perlahan diatas ketinggian 150meter belum lama ini

“Starhopper” menciptakan rekor baru suspensi melayang perlahan-lahan. Sebenarnya bulan lalu, Starhopper juga melakukan tes suspensi, namun dengan ketinggian hanya 20 meter.

Sebenarnya, warga setempat pernah mengeluh dengan kehadiran SpaceX di pesisir Texas. Mereka merasa frustrasi dengan penutupan jalan. Dengan pemberitahuan publik yang secara mendadak dan membingungkan. Mungkin karena warga setempat yang baru pertama kali dan tak terbiasa dengan percobaan penerbangan antariksa di sekitar tempat tinggal mereka.

percobaan semacam ini memang ibarat pedang bermata dua. Ada sebagian warga berharap lebih sering dilakukan, karena membawa pendapatan turis yang haus dengan keingin tahuan. Namun, sebaliknya sebagian warga merasa sangat terganggu karena akses menuju pantai terdekat pun ditutup setiap kali SpaceX melakukan uji cobanya.

Just like grandma says, Para pejabat Eksekutif SpaceX, mengatakan SpaceX berharap menyelesaikan penerbangan orbital pertama kapal luar angkasa pada awal tahun 2020.

Advertisements
Categories: Starhopper Prototipe Roket Mars

1 thought on “Starhopper Prototipe Roket Mars

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: