Starlink akan menggantikan 5G

Starlink akan menggantikan 5G langsung memasuki Teknologi 6G? Elon Musk berencana meluncurkan puluhan ribu satelit SpaceX Starlink untuk melewati 5G langsung memasuki 6G, adalah hal yang kurang memungkinkan. Mengapa tidak mungkin?

Karena dalam bidang komunikasi seluler, Ada satu hal yang paling penting. Yakni, Penggunaan spektrum berulang kali. Bagaimana membuat spektrum yang terbatas untuk dapat digunakan berulang, adalah tantangan seperti membangun rumah. Jika Anda ingin membangun rumah yang lebih banyak dengan tanah yang sangat terbatas, Apa yang harus Anda lakukan? Solusi satu-satunya, Anda mungkin hanya dapat membangun rumah yang lebih tinggi dan lebih tinggi lagi.

Starlink akan menggantikan 5G

Demikian pula halnya dengan SpaceX Starlink. Dengan spektrum yang terbatas, namun jika harus melayani banyak pengguna dan keharusan mencapai jaringan kecepatan yang lebih tinggi juga, Bagaimana cara mengatasinya?

Jawabannya, Kita mungkin perlu membangun lebih banyak stasiun pangkalan atau Base Transceiver Station (BTS). Misalnya Hari ini, jumlah Stasiun pangkalan 4G di China telah melampaui 5 juta stasiun. Sehingga, penduduk China bisa menikmati Jaringan 4G yang sangat cepat.

Sebaliknya, apakah satelit orbit rendah SpaceX Starlink dengan jumlah 12.000 satelit dapat benar-benar menggantikan 5G?

Starlink meluncurkan satelit yang begitu banyak, namun sayangnya mereka tidak dapat melakukan penggunaan berulangkali dengan spektrum yang sangat terbatas. Misalnya, penduduk Jakarta yang melebihi 20 jutaan orang, mungkin cuma bisa kebagian menggunakan 3 satelit pemancar. Bila demikian, pasti akan membuat jaringan internet anjlok.

Jadi dari perspektif ini, bila Spektrum Starlink tidak dapat digunakan berulang kali, maka Dia tidak bisa mendukung sistem komunikasi yang sempurna. 

Jika kita menggunakan ponsel untuk dapat berkomunikasi dengan lancar, jarak rute basis antara stasiun paling ideal adalah 500 meter. Pada dasarnya, ponsel kita bisa siaga selama 7-8 jam.

Tetapi jika kita menggunakan satelit Starlink, situasinya langsung berubah. Satelit itu sangat jauh dari kita. Misalnya, satelit pengorbit bumi Elon Musk rata-rata berjarak 550 km dari permukaan bumi. Dengan jarak yang begitu jauh, jika kita menggunakan ponsel untuk mengirimkan sinyal ke satelit, itu hampir tidak mungkin direalisasikan.

Jadi apa yang harus dilakukan? 

Pertama-tama, kita perlu memasang Antenna besar pada ponsel kita.

Kedua, waktu siaga ponsel dan aktivitas menjadi sangat singkat. 

Bayangkan situasi seperti ini, jika ponsel Anda harus dipasang antena yang sangat besar, dan Anda harus bekerja selama berjam-jam dengan ponsel berantena besar, Bagaimana pengalaman atau kenyamanan yang akan Anda peroleh?

Jadi bagi banyak orang yang kurang memahami mungkin akan langsung berpikir, dengan adanya Starlink maka kita semua dapat Online dari segala penjuru dunia???

Jawabannya, Mustahil.

Dari perspektif ini, sama sekali tidak mungkin mengharapkan Starlink akan  menggantikan 5G langsung memasuki teknologi 6G.

Jadi faktor apa yang mendorong Elon Musk untuk meluncurkan Starlink?

Saya secara pribadi merasa Alasannya sangat sederhana. Elon Musk mempunya ide lain. Tujuan Utamanya, untuk penggalangan Dana atau “Fundraising”. Dia bermaksud mengumpulkan Dana yang lebih banyak dari pasar Saham.

Dengan proyek Starlink, memungkinkan orang-orang untuk percaya dan bersedia menginvestasi lebih banyak uang dalam proyek-proyeknya.

Apakah ada fungsi dan manfaat lain selain penggalangan dana? Tentu saja ada.

Misalnya, akan semakin banyak pesawat terbang ataupun pesawat tak berawak di masa depan. Semua pesawat terbang ini memerlukan komunikasi dan jaringan internet yang lebih cepat.

Jadi Pada saat ini, jaringan sinyal dari Starlink akan jauh lebih kuat dibanding jaringan menggunakan ponsel di bumi. Walaupun, harganya pasti akan lebih mahal.

Di sisi lain, banyak kapal nelayan atau kapal barang dari berbagai negara yang memerlukan jaringan sinyal yang tidak bisa dijangkau dari daratan. Sehingga, sinyal jaringan Starlink mungkin bisa memainkan peranannya.

Starlink akan menggantikan 5G
SpaceX Starlink akan menggantikan 5G? (Image: Forbes)

Jadi dari sudut pandang ini, Elon Musk dapat memperoleh sebagian pasar pengguna dan pendapatan.

Just like grandma says, Apakah pengembalian atau pendapatan ini akan tinggi ? Saya rasa tentu tidak sebanyak pendapatan dalam komunikasi ponsel. Jadi jika dikatakan bahwa SpaceX Starlink akan menggantikan 5G langsung menjadi teknologi 6G, saya yakin kemungkinan itu sangatlah kecil, bahkan mendekati Nol.