Strategi industri nasional 2030 Jerman

Strategi industri nasional 2030 Jerman dan Making Indonesia 4.0. Jerman, kekuatan industri yang mapan dan Indonesia dengan industri yang lagi berkembang. Jerman sebagai perekonomian keempat terbesar dunia. Sesudah Amerika, China, dan Jepang. Menteri federal Jerman untuk Urusan ekonomi dan energi, Peter Atmaier secara resmi mengumumkannya bulan lalu. Strategi industri nasional 2030 Jerman. Sebuah konsep strategi industri. Yang masih menyebabkan banyak diskusi di kalangan pemerintah.

Strategi nasional ini bertujuan untuk mendukung sektor industri utama. Dengan cara yang ditargetkan. Meningkatkan nilai output industri. Dan memastikan daya saing industri Jerman di Eropa dan dunia. Terutama dalam menghadapi persaingan dari Amerika dan Tiongkok.

Strategi industri nasional 2030 Jerman

Dari rancangan strategi ini, bisa dilihat suatu kekuatan industri yang mapan seperti Jerman, bagaimana mempertimbangkan daya saing nasionalnya. Termasuk bagaimana merencanakan, mempertahankan kedudukannya. Dalam lingkungan global yang serba tidak pasti ini.

Strategi industri nasional 2030 Jerman mencakup dua aspek penting. Pertama, mengidentifikasikan industri utama atau inovasi dasar yang dianggap memerlukan dukungan negara. Seperti kecerdasan buatan atau AI. Industri digital. Nano dan bioteknologi atau material baru.

Pemerintah jerman sangat mementingkan pengembangan kecerdasan buatan. Yang dianggap sebagai inovasi dasar paling penting setelah mesin uap atau lokomotif. Disamping itu, juga mencakup beberapa industri manufaktur tradisional seperti baja. Manufaktur mesin dan peralatan. Mobil. Instrumen medis. Aerospace. Militer dan sebagainya. Singkatnya, segala bidang yang mempengaruhi kepentingan negara.

Kedua, pemerintah jerman harus mendukung pengembangan perusahaan besar. Untuk menciptakan perusahaan kebanggaan dan Juara Jerman. Dan nomor satu di Eropa. Misalnya, siemens. Thyssenkrupp atau Deutsche bank.

Terkait dengan strategi ini, juga diharapkan agar UE memodifikasi UU anti monopoli yang terlalu ketat. Atau melonggarkan kriteria peninjauan terhadapa merger bisnis. Karena hal ini dianggap tidak kondusif untuk penciptaan perusahaan raksasa.

Hal yang paling menarik, setelah penerbitan strategi nasional ini. Komisi eropa menolak merger bisnis kereta api Siemens dan Alstom. Semua orang eropa tahu tujuan penggabungan dua perusahaan bisnis tersebut. Demi menciptakan perusahaan raksasa transit kereta api yang bisa bersaing dengan China Railway. Sama seperti penciptaan raksasa Airbus untuk bersaing dengan pesawat Boeing dari Amerika.

Strategi industri nasional 2030 Jerman
Kementerian Perindustrian Indonesia dalam mendorong Industri 4.0 (Image: medcom)

Strategi nasional ini juga menganjurkan, ketika perusahaan asing mengakuisisi perusahaan Jerman. Yang tentunya memiliki kunci dan inti teknologi. Pemerintah jerman dapat melakukan intervensi melalui kepemilikan saham. Sebagai contohnya, pada tahun 2018. China national grid ingin mengakuisisi 20% saham perusahaan energi jerman. Karena 20% saham tidak memenuhi ambang batas audit pemerintah. Melalui saham bank BUMN memblokir dan mencegah transaksi tersebut.

Tujuan strategi industri nasional jerman 2030 adalah untuk meningkatkan ekonomi jerman. Dan daya saing teknologi. Serta memastikan posisi terdepan sebagai pemimpin. Di bidang industri dan manufaktur. Atau singkatnya, untuk menandingi Made in China 2025. strategi untuk memperkuat kedudukan negara sebagai pemimpin di dunia global.

Sayangnya, rencana strategis ini tidak diadopsi pada akhirnya. Namun, just like grandma says, bisa dilihat kegelisahan suata negara dengan kekuatan ekonomi mapan seperti Jerman. Dalam mempertahankan daya saing negaranya di arena dunia internasional.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.