Superhero Marvel

Oleh: Ricky Suwarno

Avengers, Iron Man, Spiderman. Nama-nama yang tidak asing bagi umat manusia di muka bumi ini. Tidak bisa dipungkiri, Marvel Studios pembuat film dan superhero terkenal. Telah merajai pasar Hollywood dan dunia. Dan mengalahkan semua franchise superhero lainnya di Box Office perfilman.

Mungkin banyak yang penasaran mengapa Marvel bisa begitu sukses. Dan di sukai banyak orang. Setiap film baru Marvel selalu terasa unik. Begitu refreshing. Walaupun kita sudah menonton Spiderman beberapa kali. Dalam bentuk banyak versi. Tetapi selalu terasa unik.

Marvel, selalu berani mencoba sesuatu yang baru. Misalnya sutradara yang lebih muda. Seperti Taika Waititi, Jon Watts, ataupun James Gunn. Yang karyanya tak pernah menembus jutaan dollar di pasaran.

Di samping itu, cara pemasaran baru Marvel. Yang saya kagumi. Sebagai contohnya, Thor: Ragnarok. Marvel tak ragu menampilkan pertempuran antara Thor dan Hulk. Dan tentu saja, tidak terlepas adegan lucu dengan pendekatan komedi lebih banyak.

Film Marvel memang banyak yang sukses. Tetapi Marvel tidak tergesa membuat serial superhero dengan segera. Hanya untuk menggaet lebih banyak penonton. Marvel memang lebih cendrung ke cara menyelip. Menyelipkan sebuah superhero baru. Sebelum akhirnya meluncurkan serial yang di tunggu-tunggu.

Infinity War adalah perkembangan film terbaru dari sederatan film Marvel. Jelas, para penonton tidak ingin ketinggalan. Tidak ingin melewatkan setiap detil cerita film-film Marvel. Meski film tersebut bukanlah superhero idaman mereka. Tetapi bagaimana para Avengers mengalahkan Thanos, adalah film yang paling dinantikan. Oleh setiap penggemar Marvel.

Galaxy Digital, startup saya yang dulu. Di tahun 2013. Berusaha menciptakan superhero dari Asia. Marvel dari Timur. Dimana banyak budaya dan cerita rakyat yang bisa digarap.

Sebelum memulai startup kita di Galaxy, kita telah mengerjakan banyak PR. Dengan mengadakan market riset. Yang tediri dari 3 orang. Mempelajari karakteristik film-film Marvel. Menonton semua film Marvel dari awal. Termasuk mendalami creator nya, Stan Lee. Golongan apa yang paling tertarik dengan Marvel. Umpamanya usia, suku, profesi, gender, ataupun bangsa mana dengan penjualan terbaik. Dan sebagainya.

Kita juga mempelajari siapa saja yang berpotensi menjadi pesaing di China. Baik secara langsung dan tidak langsung. Kelemahan apa dari pesaing. Yang bisa kita manfaatkan. Bagaimana dukungan pemerintah setempat terhadap sector kreatif ini. Subsidi apa yang tersedia. Atau bahkan regulasi yang mungkin menghambat operasional startup Galaxy.

Setelah melakukan hal di atas, kita menyimpulkan solusi tersendiri. Solusi yang bakalan di sukai untuk menciptakan superhero. Solusi yang kita namai, G20. Bukan G20, kelompok 20 negara dengan perekonomian terbesar dunia. Melainkan, Galaxy 20 ways of creating 10 Original Intellectual Property (IP).

Berikut adalah 20 cara kita menciptakan superhero di Galaxy. Cara yang berhasil kita himpun. Sehingga bisa menarik semua talenta terhebat di kalangan gaming dan animisi China. Termasuk talenta Pixar dan Marvel sendiri. Dan investor VC tentunya. Sebelum akhirnya, kita berhenti dari peredaran. Bangkrut. Atau istilah saya, Kesuksesan yang tertunda. Karena perbedaan pandangan strategi, dan financial management yang kurang terkendalikan.

Tetapi saya yakin, cara-cara menciptakan superhero di Galaxy bisa bermanfaat. Dan membantu para startup di tanah air. Yang mempunyai impian di bidang gaming ataupun animasi. Dalam inovasi dan kreatif startup.

Pertama, pada dasarnya, penonton menyukai suatu karakter tersendiri. Semangat yang dimiliki yang seringkali membuatnya pantang menyerah. Semangat yang membakarnya untuk berjuang. Bukannya, kesuksesan atau harta belaka.

Kedua, ingatlah selalu, Apa yang anda tulis harus menjadi favorit penggemar. Bukannya favorit Anda sendiri. Kedua perbedaan ini sangat besar. dan jangan diputarbalikkan.

Ketiga, tema atau topic superhero sangatlah penting. Karena tema adalah fondasi cerita. Tetapi jika sampai akhir cerita, anda masih tidak bisa mengungkapkan tema yang cocok. Tulis ulang ceritanya.

Empat, seperti kebanyakan film, cerita atau gagasan mendongeng, bisa di mulai dengan, dahulu kala ada…….., Dia……..setiap hari, suatu hari…………; karena itu, ……..; akhirnya, …………..

Lima, make it simple. Soroti point-point utama. Gabungkan karakter yang serupa, jangan sengaja memperpanjang waktu. Anda mungkin merasa kekurangan materi dan sumber cerita berharga. Tetapi pada kenyataannya, pikiran anda akan terbuka nantinya.

Enam, apa karakter dan kehebatan superhero anda. Apa hobby nya. Tunjukkan kebalikan dari karakter dan hobby mereka. Atau ketidaksukaan mereka. Atau hal yang bukan favorit mereka. Kasih mereka tantangan. Dan lihat bagaimana mereka mengatasinya.

Tujuh, selesaikan akhir cerita terlebih dahulu. Walaupun anda belum menyelesaikan setengah dari cerita superhero mu. Akhir cerita adalah bagian tersulit. Tetapi anda harus menulisnya terlebih dahulu.

Delapan, tidak peduli apakah cerita atau superhero anda sempurna atau tidak. Anda tetap harus menyelesaikan ceritanya. Sempurna atau tidak, adalah hal yang tidak bisa dirangkup bersama. Dan saya yakin anda akan melakukan lebih baik di cerita selanjutnya.

Sembilan, mungkin otak anda kehilangan ide. Atau tidak tahu perkembangan superhero selanjutnya, ada satu hal yang bisa dilakukan. Tuliskan hal-hal yang mungkin tidak akan terjadi. Karena hal tersebutlah yang akan menjadi jalan keluar bagi masalahmu.

Sepuluh, pisahkan cerita yang anda sukai. Anda menyukai jalan cerita tersebut , karena kesamaan yang Anda miliki dengan superhero. Atau karakter itu. Anda harus mengerti mereka terlebih dahulu, sebelum menggunakan kisah-kisah ini.

Sebelas, tulis ide dan pikiran anda di atas kertas. Jika anda hanya menyimpannya dalam otak, superhero sebagus apapun, akan terkubur dalam otak. Bila anda tidak menceritakannya kepada orang lain.

Duabelas, buanglah hal-hal yang terpikir pertama kali. Kedua. Ketiga. Atau keempat. Jangan terbiasa dengan cara yang sama. Berilah kejutan terhadap dirimu sendiri. Atau whatsocalled, Reverse thinking.

Tigabelas, biarkan superhero anda mempunyai pikiran tersendiri. Mungkin sikap negative. Atau acuh tak acuh. Tetapi pikiran atau sifat itu adalah racun bagi penggemar.

Empatbelas, mengapa anda ingin menciptakan superhero ini. Apa keyakinan dibalik cerita tersebut. Iman atau keyakinan adalah jiwa dari dari superhero ini.

Limabelas, jika anda adalah protagonist dalam superhero, apa perasaan sebenarnya anda di saat ini. Ketulusan dapat membuat kisah yang mustahil menjadi kredibel.

Enambelas, bahaya apa yang dihadapi protagonist ini. Beritahu penontonmu, mengapa superhero pantas didukung. Dan jelaskan apa yang membuat mereka berhasil pada akhirnya.

Tujuhbelas, semua upaya tidak akan sia-sia. Jika tidak ada kesuksesan saat ini, biarkan saja. Dan terus melangkah maju. Karena kesuksesan akan menunggu di depan.

Delapanbelas, anda perlu mengenal dirimu sendiri. Dan bekerja keras. Bukannya, mencari perhatian belaka. Bercerita adalah suatu ujian. Bukannya perbaikan. Atau peningkatan belaka.

Sembilanbelas, Kebetulan. Kebetulan yang membuat superhero berhadapan dengan masalah. Ini adalah hal yang baik. Tetapi, kebetulan yang membuat mereka keluar dari masalah, adalah kebohongan.

Terakhir, keep practicing. Terus berlatih dengan cara-cara diatas. Analisa superhero yang tidak kamu sukai. Dan pikirkan, jika anda yang menceritakan superhero tersebut, bagaimana cara yang lebih baik dari yang semula.

Again, just like grandma says, anda harus mengerti dan mengenali inti dari superhero buatan kamu sendiri. Apakah anda tahu ekspresinya yang paling ringkas. Jika anda tahu, so take action. Dan buatlah superhero dan cerita anda mulai sekarang.

Advertisements
Categories: artificial intelligence indonesia, Superhero MarvelTags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: