Tantangan dan Peluang teknologi 5G bagi Indonesia

Tantangan dan peluang teknologi 5G bagi Indonesia. Teknologi 5G, nama yang paling Hot dewasa ini, selain Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Hampir Setiap satu decade , industry nirkabel akan meluncurkan standar komunikasi mobile phone yang mampu mentransmisi data lebih banyak dan lebih cepat.

Misalnya untuk download film sebesar 3GB hanya perlu 1-3detik. Saat ini, dunia lagi memasuki babak selanjutnya yang diberi nama 5G. Generasi kelima dari standar yang digunakan untuk menjelaskan dan mentransmisikan data melalui gelombang radio.

Saat ini, jaringan 5G awal sudah mulai diterapkan di Korea, China, ataupun beberapa kota di AS. Olympiade Tokyo pada tahun 2020 diharapkan menjadi pameran pertama teknologi 5G secara lengkap.

Tantangan dan peluang teknologi 5G bagi Indonesia

5G adalah internet generasi berikutnya. Mewakili bandwidth yang tinggi dan latensi yang rendah. Platform dasar untuk mendukung aplikasi seperti Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), autopilot maupun kecerdasan buatan AI. Meskipun 5G sangat hot dan banyak didiskusikan tahun ini. Tetapi secara resmi akan dikomersilkan sepenuhnya pada tahun 2020.

Pertama, perusahaan cloud testing

Terutama menyediakan layanan pengujian para aplikasi. Dan telah menjadi platform layanan pengujian aplikasi seluler terbesar di China. Segala teknologi baru pasti akan dikaitkan dengan bisnis peluang baru.

Tantangan dan peluang teknologi 5G bagi Indonesia, teknologi 5G itu ibarat jalan raya. Bila Anda memasuki era 5G, berarti Anda memasuki jalan raya dan infrastruktur yang telah diperbaiki. Dan kemudian banyak mobil yang melintas diatasnya. Tetapi, mobil apa itu?

Mobil-mobil itu berupa berbagai aplikasi yang melayani kita. Tanpa aplikasi, kita tidak dapat menikmati manfaat 5G. Bayangkan saja, betapa banyaknya mobil dijalan. Jadi, sangatlah penting untuk memeriksa keamanan waktu pengendaraan mobil. Disamping itu, akan banyak data yang dihasilkan lewat jalan raya ini. Dan, tentu saja data ini akan menjadi asset yang sangat besar bagi pengelola. Makanya, barangsiapa yang mampu mengawal keamanan dan penggunaan kendaraan ini, sekalian membangun ekologi baru, bersama-sama meningkatkan servis layanan jalan raya, dialah yang akan menguasai pasar besar ini.

Uji aplikasi seluler sangat berbeda dengan uji perangkat lunak PC tradisional. Perangkat lunak PC dapat diuji pada satu mesin saja. Tetapi uji aplikasi seluler perlu menguji semua jenis ponsel. 4500 model ponsel yang beredar di pasaran. Bisa dibayangkan betapa besar projek pengujian.

Saat ini, ada sekitar 25 juta aplikasi di China. Dimana, 90% dari mereka telah diuji coba dalam platform cloud testing.

Dulunya, banyak appstore market place tidak begitu mementingkan kualitas aplikasi. Tetapi persaingan yang ketat, membuat mereka menyadari dan harus mementingkan kualitas. Misalnya beberapa appstore utama di China, 360 (perusahaan dulu dimana saya bekerja), Ali Games, Anzhi dll mengharuskan aplikasi menyediakan laporan uji dari test cloud.

Jika anda membuat suatu aplikasi sendiri, anda harus memastikan bahwa aplikasi anda beroperasi lancar. Dan tidak membuat kesalahan dalam ponsel pengguna yang berbeda tipe. Sehingga aplikasi anda baru dapat mempertahankan hati pengguna. Dan tidak di delete. Inilah fungsi perusahaan test cloud, yang rumit dan memakan waktu.

Jadi siapa yang paling mungkin memiliki peluang terbesar untuk platform 5G ini?

Menurutku, bukan perangkat keras supplier, bukan juga operator seluler. Melainkan penyedia layanan platform cloud. Atau, penyedia aplikasi dengan layanan kapasitas terbesar. Perusahaan test cloud tidak hanya memaparkan teknologi 5G, tetapi juga dalam ruang space memaparkan pasaran global. Mereka Berpartisipasi dalam rantai industry internet mobile secara global. Dan Membangun ekosistem pengujian baru.

Kedatangan era 5G termasuk pemaparan strategi secara global, telah memungkinkan perusahaan test cloud ini memasuki transisi dari platform pengujian aplikasi, ke platform layanan aplikasi 5G. dengan menciptakan ekosistem aplikasi, memenuhi pertumbuhan eksponensial dari pengujian aplikasi, pemaparan, promosi dan kebutuhan layanan siklus penuh lainnya. Yang lebih pentingnya, platform test cloud akan mengumpulkan sejumlah besar data aplikasi, lewat kecerdasan buatan untuk mengoptimalkan desain aplikasi, dan membangun ekosistem data besar.

Kedua, kesempatan bagi yang memperhatikan tren inovasi global

Kita harus menggunakan kelebihan kita untuk memimpin di depan tren. Artinya belajar mengerahkan segala kelebihan kita. Tren sendiri berarti peluang bisnis. Dan perusahaan dengan kelebihan dan inovasi terdepan, pasti akan mendapat keuntungan terbesar. Dan tentu saja, premisnya adalah anda harus terlebih dahulu membawa bisnis anda ke posisi terdepan dalam industry bersangkutan. Sebelum tren itu datang.

Sehingga anda diharuskan memiliki visi kedepan. Pemahaman yang jelas tentang trend. Pemaparan di depan. Dan akhirnya tindakan yang besar dan berani.

Tantangan dan peluang teknologi 5G bagi Indonesia
Tantangan dan peluang teknologi 5G bagi Indonesia

Untuk mencapai tujuan ini, kita diharuskan untuk memperhatikan perkembangan teknologi dunia dan mengikuti paten teknologi terbaru.

Again, just like my grandma says, dalam dunia masa depan, hiburan, kehidupan dan metode kerja kita akan mengalami perubahan yang mengguncangkan dunia karena evolusi teknologi. Selain, merekonstruksi dunia fisik, teknologi juga membentuk cara pemikiran kita dan visi dunia, dan akhirnya dampak terhadap arah pengembangan individu atau perusahaan.

Implementasi jaringan 5G di Indonesia akan lebih lama dari 4G. Karena banyak yang harus dibenahi. Bagi operator seperti Telkomsel, atau XL, akan menghadapi teknologi plug and play. Karena penyediaannya bukan pada operator. Melainkan perusahaan raksasa seperti Huawei, ZTE, ataupun Ericson. operator tinggal pasang saja di towernya.

Berdasarkan riset menyatakan bahwa bisnis konten di era 5G akan semakin meledak. Bahkan Huawei dinyatakan akan sebagai the next Billion dollars business selain Apple, dan Amazon. Itulah sebabnya, Five-eyes alliances (AS, Inggris, Kanada, Australia dan NZ), dibawah pimpinan AS, berusaha mencegah dan menyebarkan gossip dengan alasan keamanan pengguna terhadap perangkat teknologi Huawei.

Tantangan dan peluang teknologi 5G bagi Indonesia akan segera tiba. Ricky berharap para pemuda Indonesia bisa lebih banyak memfokus ke teknologi baru ini, belajar bersama, dan mewujudkan impian hidup sambil menciptakan masa depan yang lebih cemerlang bagi bangsa kita.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.