Advertisements

Perusahaan Elon Musk

25 juli 2019

Elon Musk, pendiri dan CEO atau investor SpaceX, Tesla, Solarcity, The Boring Company, Starlink dan Neuralink. Semua Perusahaan berteknologi baru yang saling berkaitan. Apa Hubungannya dengan Elon Musk?

Semua perusahaan yang didirikan Elon Musk menunjuk pada satu proposisi utama. Yakni keberlanjutan hidup umat manusia. Menjadi spesies multi-planet. Untuk bertahan hidup Ke planet Mars.

“Seperti sains fiksi?!”

Ada Dua faktor utama yang mempengaruhi masa depan manusia. Yang mengancam kelangsungan hidup suatu ras. Secara Internal dan Eksternal.

Alasan internal, ancaman dari “kecerdasan buatan super” atau Artificial General Intelligence (AGI). Yang mungkin akan ambil alih dan memerintah manusia di masa depan. Alasan eksternalnya, lingkungan hidup kita, Bumi—tidak lagi cocok untuk tempat tinggal manusia. Mungkin karena perubahan iklim yang mendadak. Tabrakan Asteroid dengan Bumi. Atau penyebaran pandemi. Atau bahkan medan magnet Dua kutub Bumi (Utara dan Selatan) menjadi terbalik. Secara singkatnya, bumi mungkin tidak cocok lagi untuk kelangsungan hidup kita.

Semua perusahaan yang didirikan Elon Musk ini, khusus dirancang untuk menyelesaikan masalah-masalah di atas.

Planet Mars adalah tujuannya

Mars adalah salah satu dari sembilan planet di tata surya. Urutan planet keempat. Kalau dihitung dari dalam ke luar. Sangat mirip dengan planet bumi. Memiliki diameter sekitar 53% dari Bumi. Sudut kemiringan dan periode rotasi poros sama dengan bumi. Revolusinya adalah dua kali waktu revolusi Bumi. Dengan permukaan berwarna oranye-merah atau oksida besi.

Mars, planet gurun dengan bukit pasir dan kerikil di seluruh permukaan. Tanpa air. Atau cairan stabil lainnya. Atmosfer yang didominasi karbon dioksida tipis dan sangat dingin. Dengan debu menggantung di dalamnya. badai debu setiap tahun. Mahkota kutub es Mars dan es kering yang menghilang seiring pergantian musim.

Tesla

Di Mars, atmosfer berbasis karbon dioksida sangatlah tipis. Dan dingin. Dengan kata lain, hampir tidak ada oksigen di planet Mars. Jika udaranya tipis, apakah kendaraan berbasis mesin pembakaran internal dan peralatan listrik bisa berfungsi? “Ok, sekarang kita tahu mengapa Elon Musk membutuhkan Tesla?”

Bila kita melihat dua kekuatan energi Dunia, Tiongkok dan AS sebagai contohnya. Dalam hal struktur pembangkit listrik, lebih dari 60% listrik di Tiongkok dan AS berasal dari gas alam dan batu bara. Di planet Mars, yang demikian kekurangan oksigen, Bagaimana manusia bisa membakar batu bara? atau gas alam?

Solar City

Mungkin ada yang menyarankan, energi nuklir? Teknologi fisi nuklir yang kita miliki sekarang, salah satu media penggeraknya adalah air. Tanpa air akan sangat sulit mencapai listrik dengan energi nuklir. Tekanan atmosfer di Mars, yang kurang dari 1% dari Bumi, menyebabkan semua cairan akan meleleh. Dan menguap seketika. Sehingga, diPerlukan teknologi yang lebih tinggi untuk mengendalikannya.

“Kalau begitu, Sumber energi apa yang paling cocok? Energi surya! Ok, sekarang kita tahu mengapa Elon Musk mendirikan SolarCity.”

SpaceX

Elon Musk kemudian menciptakan Roket pendorong yang lebih besar. SpaceX Falcon 9. Supaya bisa daur ulang penggunaannya. Mengangkut 1 juta orang. Pulang balik bumi ke Mars. “Ok, sekarang kita tahu mengapa Elon Musk mendirikan SpaceX.”

Boring Company

Planet Mars tidak memiliki oksigen. Untungnya, ada banyak area di Mars yang dapat dikembangkan untuk beroksigen. Misalnya, terowongan bawah tanah Mars. Membuat terowongan pipa menjadi ruang hampa udara. Supaya mengurangi gesekan. “Ok, sekarang kita juga telah tahu maksud Elon Musk mendirikan The Boring Company dan Hyperloop.”

Pada akhirnya, 1 juta orang telah diangkut ke Mars. Masalah energi dan penggunaan listrik telah diselesaikan. Termasuk kebutuhan makan dan minum setiap hari. Dan lalu lintas di Mars pada dasarnya sudah tidak ada masalah. Kondisi kehidupan dasar apa lagi yang diperlukan?

“Oh, ya, hampir lupa. Masih belum ada WIFI. Daya komunikasi di sana.”

SpaceX, meluncurkan satelit uji coba pertamanya pada tanggal 22 Februari 2018. Untuk membangun projek “Starlink”. Yang terdiri dari 12.000 satelit komunikasi. Diperkirakan memulai operasinya pada tahun 2020. Proyek ini khusus menyediakan konektivitas high speed Internet berbiaya rendah dalam skala global.

SpaceX berprediksi peluncuran 12.000 satelit akan diselesaikan pada tahun 2025. Dengan 1Gb per detik layanan broadband. Hingga 23Gb/detik untuk pengguna di Bumi. Total biaya pendanaan, 10miliar dolar.

“ Tahukah kamu, apa arti konsep peluncuran 12.000 satelit Starlink?”

Sejak umat manusia mampu meluncurkan satelit ke ruang angkasa hingga saat ini, jumlah total satelit yang telah diluncurkan mencapai lebih dari 4.000 satelit. Jadi, bayangkan berapa perbedaan dan arti konsep 12.000 satelit SpaceX.

Industri komunikasi, selalu menjadi salah satu industri yang paling menguntungkan. Sebagai contoh, AT&T dan China Mobile. Atau Telkomsel. Yang selalu make money setiap tahun.

Wall Street Journal memperkirakan pengguna layanan Starlink, akan mencapai 40juta pengguna di tahun 2025. Dengan pendapatan tahunan 30 Miliar dolar. Sekarang, pendapatan tahunan SpaceX baru mencapai Miliaran dolar.

Tentu saja, bagi orang yang mengerti karakter dan kebiasaan Elon Musk, adalah normal kalau projeknya akan tertunda beberapa tahun. Namun, arah bisnisnya dan tren besar sudah benar.

Setelah semua kebutuhan dasar 1 juta orang di Mars telah terpenuhi, Bayangkan betapa bosannya hidup di Mars, bilamana Ricky tidak bisa menulis artikel dan posting di Facebook. Dan menonton film Marvel, Netflix ataupun Silicon Valley dari HBO.

Dengan kata lain, hubungan komunikasi Bumi dan Mars, memerlukan Teknologi komunikasi yang lebih tinggi. Tingkatan antar planet. Terutama pada awalnya, sulit untuk membangun stasiun pangkalan komunikasi besar. Atau platform jaringan serat di planet Mars. Sehingga, komunikasi mengandalkan satelit sangat diperlukan. “Ok, sekarang kita juga telah tahu mengapa Elon Musk perlu melakukan proyek Starlink.”

Itulah sebabnya, Elon Musk selalu menjadi orang yang sangat kontroversial di alam jagad ini. Terutama bagi mereka yang kurang mengenalinya. Termasuk saya yang tidak mengenalinya secara langsung. Sehingga Saya harus mempelajari dan membaca ribuan artikel sebelum benar-benar mengerti maksud dan tujuan Elon Musk. Dengan semua perusahaannya diatas. Saya merasa tingkat ketinggiannya telah melampaui semua orang-orang sukses di muka bumi ini.

Mungkin Ricky masih tidak bisa mencapai ketinggian seperti Elon Musk, walaupun harus meminjam beberapa generasi Ricky di hidup yang akan datang.

Akhirnya, suka atau tidak, manusia semakin terintegrasi dengan mesin. Walaupun kita tidak tahu seberapa besar kemungkinan kecerdasan buatan Super atau, Artificial General Intelligence (AGI) akan menguasai manusia. Tetapi begitu “AGI” muncul, dengan kecepatan mereka mengumpulkan pengetahuan dan evolusi, pasti akan melampaui semua kecerdasan manusia. Dan manusia tidak mungkin bisa melawannya.

“OK, akhirnya kita juga tahu sekarang mengapa Elon Musk menciptakan perusahaan bernama “Neuralink”.

“Kalau kita tidak bisa mengalahkan AI, maka biarlah kita menjadi bagian dari mereka (AI)”, kata Elon Musk. Tujuan jangka pendek Neuralink adalah untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Menggunakan teknologi antarmuka otak-komputer untuk membantu penderita Parkinson. Atau pasien epilepsy. Dan penyakit lainnya.

Just like grandma says, untuk keberlanjutan hidup manusia, mengerti keunggulan dan kelemahan kita sendiri sangatlah penting. Bilamana kita tidak bisa mengubah lingkungan eksternal, Maka jawabannya sangat sederhana, ubahlah diri kita sendiri.

Saya tidak tahu apakah ini suatu fantasi. Saya hanya tahu jika, beberapa juta tahun yang lalu kita bertanya seekor monyet apa itu seluler phone, monyet itu pasti tidak bisa mengerti.

Mungkin suatu hari AI akan menguasai dunia. Atau mungkin juga sejarah manusia tidak akan berkembang seperti bayangan Elon Musk. Tetapi tidak ada keraguan bagi saya, bahwa apa yang telah Elon Musk lakukan sepanjang hidupnya selalu berkaitan erat dengan kita semua. Masa depan spesies kita. Keberlanjutan umat manusia.

Salam hormat dan terima kasih saya yang paling dalam untuk Elon Musk. Atas semua kepeduliannya dan kontribusinya.

Advertisements
Categories: Miliarder Elon Musk, Perusahaan Elon Musk

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: