Teknologi Aplikasi Jaringan 5G

Teknologi Aplikasi Jaringan 5G berpeluang menciptakan BAT dan FAMGA baru. BAT adalah perusahaan internet Raksasa dari Tiongkok seperti Baidu, Alibaba dan Tencent. Sedangkan, FAMGA adalah perusahaan internet Raksasa dari Amerika Serikat seperti Facebook, Apple, Microsoft, Google dan Amazon. Itulah sebabnya, Teknologi Aplikasi merupakan salah satu peluang investasi terbesar dalam jaringan 5G.

Ketika kita berbicara tentang operator Telekomunikasi, kita mungkin akan berasosiasi ke Operator seperti Telkom, Indosat, 3 Indonesia, AXIS, XL ataupun Smartfren. Namun, kata “Operasi atau Operator” akan diperluas di masa depan. Karena, nantinya setiap bidang akan memiliki operator eksklusif tersendiri, seperti Operator Mobil otonom, dan bahkan Operator eksklusif perusahaan Gaming. 

Mengapa fitur ini bisa muncul ? 

Karena operator memiliki proses pengembangan. Konsep operator paling awal dikemukakan oleh beberapa Operator komunikasi di atas. Sehingga, Pada awal mula, orang-orang cuma berpikir bahwa komunikasi seluler hanya untuk menelpon.     

Jarang yang tahu bahwa banyak data dapat juga ditransmisikan melalui ponsel atau perangkat seluler. Berbagai layanan bernilai tambah dapat dilakukan melalui ponsel. Kemudian, ketika Operator komunikasi mulai menyediakan berbagai industri data Bisnis, yang berarti tidak hanya berfungsi menelpon, tetapi kita juga dapat mengirim dan menerima pesan teks atau menjelajahi Internet. 

Teknologi Aplikasi Jaringan 5G

Mengapa operasi bisnis jatuh pada operator di tempat pertama, bukannya penyedia Aplikasi? Alasannya sederhana, karena hanya operator yang paham kemampuan seperti itu.          

Kemudian, kemampuan operator secara bertahap bergeser ke sisi IT, yaitu ke sisi ponsel. 

Perubahan ini menyebabkan bukan lagi operator yang mendukung layanan nilai tambah seluler dan aplikasi telepon seluler, tetapi perusahaan platform atau perusahaan sistem operasi pada ponsel seperti Sistem iOS Apple dan App Store Android. Ini menandai kedatangan Era Internet nirkabel.   

Perusahaan platform dapat melayani pengguna dan mempraktekkan Aplikasi jauh lebih baik. Misalnya untuk melakukan panggilan, akses Internet, dan penggunaan berbagai aplikasi. Ada serangkaian dukungan di bagian bawah platform seperti pendaftaran pengguna, manajemen, transaksi, tinjauan aplikasi dan distribusi laba serta serangkaian manajemen yang kompleks dan lengkap. 

Untuk melayani ratusan juta pengguna di Tiongkok maupun Indonesia dengan baik, sangat dibutuhkan dukungan sistem manajemen yang baik juga. 

Hal ini tidaklah mudah, terutama jika perlu berorientasi pengguna di satu sisi dan memuaskan penyedia aplikasi di sisi lain. Sehingga, Perusahaan IT yang lebih berorientasi pada pengguna dapat melakukan lebih baik. 

Jaringan 5G tidak hanya telah meningkatkan kemampuan dukungan komunikasinya, tetapi juga kemampuan dukungan IT nya juga mencapai lompatan besar. Jadi jangan menganggap 5G hanya sebagai layanan komunikasi. Karena 5G hari ini telah merupakan Integrasi bisnis komunikasi mutakhir dan Bisnis IT. 

Contoh Bisnis IT seperti dukungan aplikasi, pengembangan aplikasi, komputasi lokal, dan tentu saja sebagian besar manajemen pengguna atau kemampuan bisnis manajemen Back-End. Hanya dengan mengintegrasikan kemampuan bisnis ini kita baru dapat menikmati berbagai layanan menarik di ponsel. 

Pasar telah membuktikan bahwa bukan operator Telekomunikasi yang paling bisa melayani pengguna, karena mereka tidak bisa berorientasi pengguna. Platform dukungan aplikasi terbaik yang benar-benar berorientasi pengguna adalah iOS Apple atau Android Google.

Kita belum menganggapnya sebagai operator saat ini, tetapi sangat berkemungkinan mereka akan ditingkatkan sebagai level operator di masa mendatang. 

Seperti kita ketahui hari ini, Apple App Store iOS menyediakan sejumlah besar Aplikasi berdasarkan ekologinya. Atau, ada lebih dari 2,5 juta aplikasi ponsel yang sangat populer dan dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok yang melayani sebagian besar pengguna di seluruh dunia. 

Mungkin Banyak orang merasa aneh, Bagaimana Aplikasi yang dikembangkan orang China dapat melayani pengguna di seluruh dunia?

Alasannya, karena Ekologi Inovatif Apple dapat mengembalikan banyak umpan balik pengguna kepada pengembang atau Developers.   

Semua data jelas akan terkumpulkan. Bahkan jika pengembang tidak ke luar negeri, atau bahkan tidak tahu apa-apa tentang perilaku dan kebiasaan pengguna Negara asing, Pengembang masih bisa melakukan penyesuaian atau iterasi berdasarkan data Umpan Balik untuk mencapai keadaan paling Optimal. Jadi ini alasannya bagaimana pengembang Tiongkok ataupun Indonesia dapat melayani pasar global dengan baik.

Inilah yang saya katakan, Peran operator harus berdiri di belakang platform pendukung aplikasi. 

Sebagai contoh, salah satu platform pendukung aplikasi terbesar saat ini adalah komputasi awan atau Cloud Computing. Komputasi Awan adalah pembentukan pusat komputasi di cloud, pusat data yang sangat besar, dapat memberikan daya komputasi yang sangat besar juga. Daya Komputasi adalah suatu kemampuan IT.

Namun, kemampuan cloud IT semacam ini, kapabilitas komputasi dan operasi yang disediakan operator memerlukan kombinasi bandwidth yang cukup besar dan kecepatan respons yang cepat, sehingga memungkinkan komputasi dapat diberikan ke segala sudut mana pun secara real time.

Tren yang paling HOT sekarang adalah kombinasi komputasi awan dan AI atau kecerdasan buatan. Ini berarti bahwa kecerdasan buatan juga akan berada di mana-mana, dan dapat ditransmisikan secara mulus dan real-time setiap saat ke sudut mana pun.

Selain itu, lebih banyak wilayah lain seperti mobil otonom, rumah pintar, Internet of Things, dan kota pintar dapat dioperasikan oleh operator pihak ketiga di masa depan. Skala operator ini cukup besar nantinya. Jadi, peluang pertama yang dibawa 5G akan dikembangkan lewat platform dukungan aplikasi. 

Bila Anda dapat mendominasi suatu platform dukungan aplikasi, bisnis Anda pasti bisa menjadi sangat besar. Sekarang pertanyaannya, Perusahaan atau sektor mana yang dapat diubah menjadi platform dukungan aplikasi ?   

Jawabannya, Steam.

Steam adalah platform penerbitan dan pemasaran game pihak ketiga yang independen, terutama di dalam game VR. Semua Game VR terbaik di dunia pada dasarnya dirilis dalam platform Steam.

Di Era 5G, VR akan menjadi hal biasa dalam kehidupan kita. Itulah sebabnya, Steam sangat berkemungkinan mengintegrasikan lebih banyak kemampuan ke dalam platform distribusinya sendiri, yang tidak hanya menerbitkan Game, tetapi juga mendukung pembuatan Game.

Platform Steam adalah suatu platform yang beroperasi dari atas ke bawah. Steam telah membentuk pijakan yang kuat di sisi pengguna, sehingga dapat turun lebih mendalam. Selain itu, ada dukungan platform dari bawah ke atas, perusahaan tipikal penyedia mesin pengembangan game, namanya Unity 3D. 

Perusahaan ini telah mendapat banyak sorotan dari perusahaan Raksasa internet di bidang Gaming. Unity 3D juga telah menerima investasi besar-besaran dari Tencent. Namun sayangnya, perusahaan ini masih belum menemukan terobosan besar. Tapi Ricky yakin, kedatangan jaringan 5G akan menciptakan peluang besar baginya. 

5G akan membuat VR dan AR Game menjadi panas. Mereka membutuhkan banyak mesin 3D untuk mendukungnya. Perusahaan seperti Unity3D memiliki kesempatan untuk melangkah lebih jauh, tidak hanya sebagai mesin pendukung, tetapi juga sebagai penyedia aplikasi game. 

Selanjutnya, Siapa yang bisa menjadi pemimpin dalam sistem dan platform mengemudi otonom ? 

Satu kemungkinan besar adalah perusahaan yang sekarang menyediakan solusi mengemudi otonom, bernama Waymo dari Google atau Apollo, dari Baidu.

Kita semua tahu bahwa Google Android telah menjadi sistem operasi seluler. Jadi, Akankah sistem yang dibuat oleh Waymo juga akan menjadi sistem operasi mengemudi otonom di masa depan? 

Tentu saja, itu tergantung pada langkah Google dan Baidu selanjutnya. 

Di samping itu, Ada arah lain yang tampaknya memiliki peluang yang tidak kalah besarnya juga. Mereka telah mewujudkan platform setelah menguasai pengguna, misalnya Uber atau Didi. Karena di dalam pasar mengemudi otonom nanti, kita mungkin tidak perlu lagi membeli mobil. Kita hanya perlu mem-booking melalui App.

Ini berarti bahwa operator adalah bagian yang paling penting, karena mereka menguasai pengguna. Ini juga alasan penting mengapa Uber dan Didi melakukan upaya besar untuk mendominasi Pasar mengemudi otonom. Namun, yang perlu di ingat mereka bukan bertujuan membuat mobil. Melainkan, Solusi platform Aplikasi mobil otonom.

Akibatnya, Permintaan untuk platform komputasi awan di masa depan pasti akan  meroket. Meskipun Google belum tentu menang di bidang mengemudi otonom, namun di bidang lain seperti seluler Game sangat memiliki peluang besar untuk menang. 

Salah satu inti dari Seluler game sekarang adalah Daya perhitungannya. Karena Game hari ini membutuhkan Daya perhitungan yang lebih kuat dan lebih realistis, sehingga membuat  tampilan Game semakin lebih riil. Semua masalah ini bermuara pada satu titik, yaitu membutuhkan daya komputasi yang sangat besar.

Makanya, Laptop terbaik sekarang ini adalah konsol gim yang bisa disimpan di dalam laptop. Mereka membutuhkan daya pemrosesan yang jauh lebih besar daripada komputer biasa. Akibatnya, Untuk dapat bermain game tingkat tinggi, pertama-tama kita harus membeli komputer atau laptop dengan konfigurasi awal berharga ribuan dolar. 

Jadi Bagaimana solusi Google dalam hal ini ? 

Teknologi Aplikasi Jaringan 5G
Teknologi Aplikasi Jaringan 5G (Image: Tech Blog)

Google menyediakan platform Game di cloud, yang memiliki kemampuan pemrosesan yang super kuat. Karena itu, untuk bermain game di masa depan, kita hanya perlu terhubung ke jaringan 5G dan memanfaatkan kapabilitas pemrosesan yang kuat di sisi jaringan. Kita tidak perlu komputer lokal yang sangat rumit. 

Just like grandma says, teknologi aplikasi jaringan 5G atau Platform dukungan aplikasi merupakan peluang yang sangat besar. Peluang dalam platform ini akan menciptakan perusahaan internet Raksasa baru yang jauh melampaui BAT atau FAMGA. Tentu saja, ini bukan berarti satu-satunya peluang investasi jaringan 5G. Karena kita baru memasuki level ketiga, Level kapabilitas aplikasi. 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.