Teknologi China vs Amerika

Teknologi China vs Amerika, Dari semula belajar dan meniru. Mencopas. Sampai bangkitnya teknologi China hari ini. Dan mulai menempati panggung utama di dunia. Bila dibandingkan dengan amerika serikat, posisi seperti apa tingkat teknologi China dewasa ini.

Kebangkitan perusahaan teknologi China dalam beberapa tahun terakhir sangatlah cepat. Pada tahun 2016, New York Times secara khusus membuat video berdurasi 5 menit untuk memperkenalkan WeChat. The super app. Yang telah berpenetrasi dalam segala segi kehidupan orang China. Dengan pengguna mencapai 1 Milyar lebih.

Video ini tidak hanya menjadi topik pembahasan paling hot di media sosial Tiongkok. Tetapi juga menimbulkan dampak luar biasa di luar negeri.

Teknologi China vs Amerika

Dalam dua tahun terakhir, bidang e-commerce dan pembayaran seluler China telah memimpin dunia. Lalu, jika dibandingkan dengan teknologi terkuat si Amerika serikat, bagaimana tingkat teknologi China?

Artikel ini menggabungkan data dari banyak organisasi. Dan pasar peneliti kelas dunia. Termasuk McKinsey. Goldman Sachs. Maupun Bloomberg. Yang bisa membantu menjawab pertanyaan ini dengan lebih baik.

Teknologi China vs Amerika, Mungkin bisa kita mulai dengan Kata Kunci:

Galapagos, suatu nama tempat. Di kepulauan Ekuador. Amerika Selatan. Juga dikenal sebagai Kepulauan Cologne. Tempat ini sangat terkenal dalam sejarah sains dunia. Karena memiliki ekologi spesies yang unik. Ketika Darwin tiba di Kepulauan Galapagos di Beagle. Baru muncullah istilah “The Origin of Species”. Yang sangat terpopuler di dunia. Teori evolusi. Artikel tersebut menggambarkan lingkungan teknologi China sebagai teknologi Galapagos.

Dalam 20 tahun terakhir, Amerika Serikat terus-menerus dikejar. Dan dilampaui China dalam semua aspek. Pada 2007, Amerika Serikat telah dilampaui China dalam hal ekspor. Pada tahun 2011, China juga telah melampaui Amerika Serikat di bidang manufaktur. Dan diperkirakan, pada tahun 2030, GDP China akan melampaui Amerika Serikat. Menjadi perekonomian terbesar di alam semesta ini.

Dari perspektif infrastruktur, seperti jalan. kereta api. Bandara. pembangunan perkotaan. Dan fasilitas perangkat keras sekolah. Atau, jika Anda pernah lihat ke Amerika Serikat, Anda akan tahu bahwa infrastruktur ini benar-benar tidak sebagus banyak kota di China, yang berkembang pesat. Infrastruktur amerika serikat sangat tua dan terbelakang.

Saat ini, seluruh dunia Barat, dan bahkan Amerika Serikat sendiri, sudah mulai mengakui bahwa Amerika Serikat memang sedikit lebih buruk.

Yang bisa dibanggakan Amerika Serikat hari ini, yaitu bidang militer dan pertahanan. pendidikan tinggi. dan keuangan. Yang paling Intinya, adalah bidang teknologi. Tetapi rasa superioritas mereka tidak sekuat dulu lagi.

Hasil penelitian menunjukkan, selama 20 tahun terakhir, orang Amerika telah mengalami tiga tahap perubahan mental. Dalam menghadapi pertumbuhan teknologi China.

Pertama-tama, Orang Amerika tidak percaya bahwa China bisa punya teknologi hebat. Sampai mereka merasa bahwa China cuma bisa mencopas teknologi Amerika. Dan Sampai akhirnya, hari ini orang Amerika mulai mengakui. Dan mengenali teknologi orang China sendiri.

Tetapi, Hari ini, Amerika Serikat telah memasuki perubahan mental tahap keempat. Mereka sangat takut bahwa tingkat teknologi China akan setara dengan Amerika Serikat.

Dari perspektif nilai pasar tersendiri, sebenarnya raksasa teknologi China seperti Tencent dan Alibaba. Sudah berada pada tingkat yang setara dengan Google dan Facebook. Dan, Perusahaan-perusahaan teknologi startup baru juga meningkat pesat. Seperti Didi Chuxing, ubernya China. Dan, Ant Financial, miliknya Alibaba yang mungkin akan menggeserkan posisi tradisional visa, atau mastercard.

Di bidang e-commerce, total penjualan China telah melampaui lebih dari dua kali lipatnya Amerika Serikat. Dalam hal pembayaran elektronik, orang Amerika masih dalam tahap menulis cek. Atau tanda tangan. Dan China telah jauh melampaui puluhan gang. Dan berjalan jauh didepan Amerika.

Perubahan ini juga dapat dilihat dari sikap pengusaha China. Saat ini, pengusaha Cina masih terus mengunjungi silicon valley. Dan akan berpartisipasi dalam investasi mereka. Tetapi mereka bukan lagi dengan cara mengagumi. Atau selalu berpikir bahwa Silicon valley adalah terhebat. Pikiran itu telah menjadi sejarah. Silicon valley bukan lagi silicon valley yang dulu. Yang selalu menjadi idola atau pujaan dunia. Karena China sendiri telah menciptakan silicon valleynya sendiri. Yang setara atau bahkan jauh lebih hebat.

Orang dalam industri Silicon Valley sendiri mengatakan, bahwa dominasi teknologi Amerika di masa lalu sudah tidak ada lagi. Atau istilah Pepatah, “imperial arrogance” is ending. “ kesombongan amerika”telah berakhir.

Yang patut diketahui orang amerika, kemajuan teknologi di China dicapai dalam lingkungan yang sangat berbeda dari Amerika Serikat. Seperti kata kunci diatas, teknologi Galapagos. Ekologi teknologi yang sama sekali tidak bisa dipahami orang Amerika. Atau dunia luar lainnya. Sehingga orang Amerika merasa panik.

Silicon Valley tidak lagi jadi idola

Suatu hal yang pasti, kebangkitan teknologi China, adalah hal yang sangat menyakitkan bagi Amerika Serikat. Mengapa? Karena kebangkitan teknologi China memukul langsung titik keunggulan Amerika Serikat. Yang membuat amerika serikat harus menyadari, tidak ada hal yang abadi didunia ini. Tidak ada orang yang selalu berada di atas angin.

Amerika Serikat telah memonopoli banyak kepentingan di dunia. Dan keuntungan di bidang sains dan teknologi. Perusahaan teknologi AS menciptakan lebih dari 7 juta lapangan pekerjaan. Dimana pekerjaan ini dua kali lipat lebih tinggi dari gaji rata-rata di industri lain.

Menurut McKinsey, bahkan perusahaan non-teknologi di Amerika Serikat, pendapatannya 50% jauh lebih tinggi dibanding perusahaan digital di Eropa.

Amerika Serikat adalah pembuat atau setter standar teknologi global. Dari USB sampai ke teknologi jaringan. Amerika Serikat adalah yang pertama memberikan standar. Dan kemudian dunia mengikutinya. Karena itu, perusahaan teknologi Amerika dapat memperoleh keuntungan mutlak. Lebih dari 180 miliar dolar AS dari pasar luar negeri. Setiap tahun.

Karena itu, teknologi adalah senjata ajaib Amerika Serikat. Seperti lampu aladin. Makanya, Sekarang Anda bisa mengerti mengapa Trump selalu menjelekkan dan, begitu khawatir tentang kebangkitan Huawei dan teknologi Cina lainnya.

Pada dasarnya, teknologi China vs Amerika masih tertinggal di banding Amerika Serikat. Tetapi momentum ke atasnya juga sangat cepat. Dan kedua belah pihak memiliki keunggulan tersendiri. Tingkat teknologi China, secara keseluruhan saat ini sekitar 42% dari Amerika Serikat. Hampir setengahnya. Sedangkan, pada tahun 2012, enam tahun yang lalu, tingkat teknologi China hanya 15% dari Amerika Serikat.

Aspek yang lebih lemah dari China adalah teknologi semikonduktor. Dan perangkat lunak untuk industri. Dua sektor ini sangat ketinggalan dibanding Amerika Serikat. Tingkat elektronikisasi perusahaan non-teknologi di China hanya mencapai 26% di banding Amerika Serikat. Dalam Sektor investasi, sekitar 30% dari perusahaan teknologi AS. Dan kesenjangan dalam pengembalian pasar luar negeri bahkan lebih besar. Tidak sampai 18% dari perusahaan teknologi AS.

Misalnya, Apple hanya perlu 3 hari untuk mendapat keuntungan uang dari pasar luar negeri. Dibanding Tencent yang harus menggunakan waktu satu tahun di pasar luar negeri. Untuk memperoleh keuntungan yang sama.

China memang lebih kuat di bidang e-commerce. Dan bidang digital internet. Dalam dua aspek ini, China hampir mencapai 53% dari total pendapatan AS. Perusahaan unicorn teknologi China memiliki penilaian total 69% dari total AS. Sedangkan, Di bidang modal ventura, tingkat teknologi China telah mencapai 85% dari Amerika Serikat. Dan akan terus meningkat. Karena pasaran China lima kali lipat lebih besar di banding AS.

Teknologi China vs Amerika
Sekarang perusahaan teknologi Silicon Valley juga harus terbang ke China untuk melihat perkembangan terbaru negeri Tirai Bambu ini

Yang paling dominan di Cina saat ini, adalah bidang teknologi terobosan. Bidang artificial intelligence atau, kecerdasan buatan. Makalah tentang kecerdasan buatan yang diterbitkan oleh para ilmuwan Cina, dan di jurnal inti telah mencapai 89% dibanding Amerika Serikat. Dan menurut prediksi, China dapat melampaui Amerika Serikat. Sebagai pemimpin global. Dalam bidang kecerdasan buatan pada tahun 2030.

Sedangkan, Di sektor smart city atau kota cerdas. Maupun mobil tanpa pengemudi. China bahkan sangat berpotensi menjadi setter atau pembuat standar teknologi dunia.

Just like grandma says, in the old days, all American tech execs had to do to see the world’s cutting edge was just to walk out the door. Now they must fly to China, too (by the economist).

“Di masa lalu, kalau boss perusahaan teknologi di Amerika Serikat ingin melihat teknologi paling canggih di dunia. Mereka Hanya perlu berjalan kedepan pintu. Dan melihat keluar. Tetapi, Sekarang mereka harus terbang ke China juga, untuk melihat keseluruhan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.