Teknologi pengenalan suara Iflytek

Teknologi pengenalan suara iflytek atau speech recognition dari China, adalah arah penting entri AI atau kecerdasan buatan. Barang siapa yang bisa menata duluan sektor ini, dialah yang paling berkemungkinan menjadi raksasa atau Google selanjutnya. Aplikasi interaksi suara adalah inti dari tata letak bidang kecerdasan buatan.

Interaksi suara yang paling ideal saat ini adalah skenario dalam rumah tangga. Keluarga. Kantor. Portabel. Mobil. Dan sebagainya. Inti dari kompetisi adalah kualitas interaksi dalam penerapan. Semakin dini menata, dan menguasai pasar, dan semakin banyak data yang terakumulasi, akan semakin cerdas pembelajaran mesin cerdas anda. Dan tentu saja, akan semakin baik kualitas layanannya juga. Dan akhirnya, menciptakan lingkaran perkembangan yang semakin sehat.

Teknologi pengenalan suara iflytek

Itulah sebabnya, banyak internet raksasa dunia seperti Google, Apple, Microsoft, atau BATI (Baidu, alibaba, tencent dan iflytek) dari Tiongkok bersaing hebat dalam memperebutkan penataan sektor ini. Sektor speech recognition. Sektor pengenalan suara AI.

Saya merasa terhormat kemarin. Karena salah satu teman baik saya dari Teknologi pengenalan suara iflytek, yang mengurus semua bisnis internasional AI speech recognition mengundang saya untuk mengunjungi perusahaannya. Untuk melihat secara dekat semua produk dan penelitian AI mereka. Di Hefei. Salah satu kota termaju di propinsi Anhui. Second tier city of China.

Ketika kita berbicara tentang kecerdasan buatan atau AI di Tiongkok. Tidak ada yang tidak mengenal iflytek. Termasuk teman-teman saya di amerika dan eropa. Terutama mereka yang bergerak di bidang digital dan AI. Karena semua prestasi mereka bisa kita lihat sekarang ini.

iflytek adalah perusahaan AI pengenalan suara terbesar di Asia. Mungkin dunia. Dengan market values sebesar usd15 Triliun. Iflytek memperoleh penghargaan dari MIT technology review di tahun 2017. Sebagai 50 smartest companies di dunia. Dengan peringkat ke 6. sesudah nvidia, spaceX, amazon, 23andMe, alphabet dan iflytek.

Pada bulan oktober tahun 2016, Iflytek mendapat penghargaan dan ditunjuk oleh White house sebagai the national AI research and development strategic plan dikalangan amerika serikat.

Setahun kemudian, pemerintah Tiongkok mulai mementingkan AI sebagai perkembangan teknologi paling utama. Dan memilih langsung 3 perusahaan digital raksasa di Tiongkok. Baidu, Alibaba, Tencent dan iflytek. Atau lebih terkenal dengan BATI. Iflytek adalah satu-satunya perusahaan dengan teknologi murni AI yang lagi naik daun. The rising star. Di Tiongkok dan di dunia.

Baidu di tunjuk pemerintah Beijing untuk mempelopori dan penelitian di bidang mobil otonom. Alibaba bertugas untuk menata semua smart city di Tiongkok. Tencent, mendapat tugas memperdalami bidang AI di bidang healthcare. Dan terakhir, iflytek di tunjuk Untuk mempelopori semua penelitian AI (next generation Artificial intelligence development plan oleh China’s State Council), terutama dalam bidang speech recognition ditahun 2017.

Misi yang ditugaskan pemerintah beijing kepada iflytek, bisa di bagi dua. Intelligent speech interactive system, dan intelligent translation system.

Intelligent speech interactive system sendiri mencakup, automated vehicles, intelligent unmanned aerial vehicles, dan video image identification system.

Disamping itu, intelligent translation system mencakup bidang seperti service robot, medical image aided diagnosis system, dan smart home appliances.

Bagi teman-teman yang belum mengikuti sejarah perkembangan AI Tiongkok, bisa membaca di artikel saya sebelumnya. Dengan judul seberapa hebat AI China.

Salah satu produk AI yang paling mendasar dan menonjol dari iflytek adalah, mesin penterjemah. Easy trans 2.0 portable smart electronic voice language translator device. Yang bisa menerjemah langsung secara online atau offline. Dalam waktu 1-3 detik. Dengan keakuratan 98%. Dalam 51 bahasa di dunia.

Konon kabarnya, produk ini telah di tunjuk oleh Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB sebagai alat penterjemah utama. Disamping itu, yang tidak kalah menariknya bagi saya, adalah fungsi fotonya. Artinya, lewat foto atau poster yang difoto, bisa langsung menterjemahkan konten dari gambar. Atau foto tersebut. Misalnya, saya adalah orang yang suka traveling. Terutama kenegara asing. Yang sama sekali tidak mengenal bahasa negara tersebut. Dengan adanya, alat ini membuat saya sama seperti di Indonesia sendiri atau di Tiongkok. Karena membuat saya bisa mengerti semua tulisan di atas foto, poster, atau papan di airport. Dimana-mana.

Hal kedua yang tidak kalah menariknya dari iflytek adalah prestasinya di bidang pendidikan. Auto grading system. Yang bisa membantu para guru atau dosen untuk mengoreksi PR dan hasil ujian ebtanas. Atau istilahnya di sini, Gaokao. Ujian tahap akhir. Dengan keakuratan 95%. sehingga bisa membantu guru menghemat waktu 30% keatas. Dengan cara paling effisiensi. Dan menghindari kerja yang monoton. Jenuh. Dan membosankan.

Teknologi pengenalan suara Iflytek
Teknologi pengenalan suara iflytek (image: China Daily)

Iflytek Auto grading system ini satu-satunya sistem AI yang ditunjuk pemerintah beijing dalam sektor pendidikan. Dan telah dipakai di 30 propinsi. 12.000 sekolah. Dan 68 SMA dari Top 100 SMA secara nasional.

Prestasi lainnya yang tidak kalah menonjol adalah, di sektor healthcare (AI online diagnosis and treatment). Menjadi AI rumah sakit pertama di Tiongkok.

Selanjutnya, adalah AI untuk pengenalan suara mobil otonom. Membuka pintu mobil. Menghidupkan mesin. Memakai sistem navigasi. Memainkan musik dan sebagainya. Tanpa kunci. Melainkan hanya dengan suara saja. Hasilnya jauh lebih akurat di banding Nuance dari Amerika. Dengan perbandingan 86.9% : 74.7%. atau 12% jauh lebih akurat dari Nuance. Setelah perbandingan dan uji test atas semua merek branding mobil di dunia. Dengan prestasi urutan nomor teratas.

Dan masih banyak lagi keunggulan iflytek seperti dalam smart home dan sebagainya.

Just like grandma says, AI sendiri sesungguhnya telah mulai merasuk di kehidupan masyarakat indonesia. Entah di sadari ataupun tidak.

Satu kabar baik dari pembagian artikel ini, iflytek akan memasuki Indonesia dalam waktu dekat. Mengembangkan bisnis dan investasinya secara bertahap dan besar-besaran nanti. Semoga dengan masuknya iflytek bisa ikut mengembangkan dan membawa kemajuan bagi AI startup di tanah air. Sehingga rakyat kita juga bisa ikut menikmati hasil dan kemakmuran yang dibawa oleh teknologi terkemuka ini.

Advertisements
Categories: Teknologi pengenalan suara iflytekTags: , , , , , , , , , , , ,

2 thoughts on “Teknologi pengenalan suara Iflytek

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: