Teknologi selalu berjalan didepan

Teknologi selalu berjalan didepan dan berkembang pesat. Kita semua harus berani menyambut perubahan ini. Seiring dengan bertambahnya usia, saya semakin suka ilmu sejarah. Dengan memahami seluk beluk evolusi sejarah, kita baru dapat mengerti hubungan antara semua elemen, melihat hukum perubahan dunia serta di mana posisi kita sekarang ini. Atau singkatnya, semua Jawaban didunia ini terletak pada energi dan informasi.

Mungkin banyak yang mengatakan bahwa pada awalnya dunia berbentuk material, atau lebih tepatnya, dunia berbentuk energy. Karena materi pada dasarnya terdiri dari energi. Sedangkan, Informasi adalah hukum yang mengatur dan memobilisasi energi, seperti bahasa, kata-kata, formula, aksioma dan sebagainya. Esensi sains adalah menemukan informasi khusus melalui metode yang efektif.

Teknologi selalu berjalan didepan

Sebagai contoh, perubahan jaman pada dasarnya adalah energi yang diciptakan oleh tanah tidak dapat memenuhi energi yang dikonsumsi oleh populasi. Sedangkan, bahasa adalah pembawa informasi yang lebih efisien daripada gen. Sehingga, evolusi manusia berkembang pesat.

Semua kemajuan ilmiah dan teknologi umat manusia, pasti akan jatuh pada dua kenyataan ini. Artinya, sejarah selalu berulang, dan teknologi selalu bergerak maju didepan.

Mengingat sejarah adalah hal yang sangat penting bagi kita semua. Tetapi dalam periode sejarah yang panjang, kalau kita melihat kembali pada pengaruhnya di saat ini, hal-hal yang tampaknya sangat besar menjadi kecil pada akhirnya.

Misalkan, waktu penjajahan Belanda dan jepang terhadap Indonesia. Yang berlangsung lebih dari 350 tahun, dan 3 tahun lamanya. Atau, dua perang dunia yang lalu. Meskipun Jerman dikalahkan dua kali dalam dua perang dunia, itu tidak mempengaruhi statusnya sebagai ekonomi terbesar di Eropa saat ini.

Perang Napoleon, Perang Perancis-Prusia, Revolusi Oktober, peristiwa besar kebangkitan dan kejatuhan negara-negara ini, atau penggantian dinasti. Kalau di lihat hari ini, pengaruhnya sudah sangat terbatas.

Tetapi sejarah sains dan teknologi tidak pernah berhenti. Dan selalu melangkah maju didepan. Teknologi adalah satu-satunya kekuatan progresif yang dapat menghasilkan manfaat yang sangat besar.

Sampai hari ini, kita masih mengenakan pakaian yang ditemukan lebih dari 100.000 tahun yang lalu. Atau, Makan nasi yang didomestikasi lebih dari 10.000 tahun yang lalu. Atau, Menggunakan teorema Pythagoras lebih dari 4.000 tahun yang lalu. Atau mekanika Newton lebih dari 300 tahun yang lalu.

Teknologi selalu berjalan didepan
Teknologi selalu berjalan didepan dan berkembang (Image: MIT)

Setiap perkembangan teknologi selalu berkontribusi pada pembangunan teknologi saat ini. Sehingga, orang-orang yang hidup hari ini bisa menikmati rahmatnya.

Oleh karena itu, Dalam siklus sejarah, para pemerintah tidak begitu berarti dibandingkan dengan ilmuwan yang mengembangkan kemajuan peradaban.

Pilar batas historis harus didasarkan pada kemajuan setiap ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan hanya tombol perubahan teknologi yang dapat memicu proses sejarah yang tidak dapat diubah.

Hanya sains dan teknologi, sejarah sains dan teknologi yang benar-benar mendorong perkembangan sejarah untuk terus maju kedepan.

Dari perspektif yang diberikan oleh sejarah sains dan teknologi dalam menghubungkan sejarah, kita baru benar-benar bisa mendapatkan wawasan tentang tren perubahan dunia.

So, just like grandma says, Dalam sejarah sains dan teknologi, teknologi selalu berjalan didepan, fenomena dan hukumnya pasti berulang. Hanya dengan memahami seluk beluk pengembangan teknologi, menemukan aturan umum, kita baru bisa melihat masa depan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.