Advertisements

The Fed turunkan suku bunga

Bank Sentral AS menurunkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak tahun 2008. The Federal Reserve mengumumkan akan memangkas target suku bunga acuan negara  sebesar 25 basis poin menjadi 2% – 2,25%. Yangmerupakan pertama kalinya The Fed memangkas suku bunga dalam 10 tahun.

Selama krisis keuangan tahun 2008, The Fed mencoba menyelamatkan ekonomi AS yangbermasalah dengan memangkas suku bunga.  Namun, tidak seperti 10 tahunyang lalu, penurunan suku bunga kali ini dipandang sebagai tindakan “pencegahan”untukperlambatan ekonomi global dan friksi perdagangan dari memukul ekonomi AS.

Akan tetapi, pasar dan administrasi Trump tidak puas. Trump beranggapan tingkat pemotongan suku bunga terlalu kecil. Akibatnya, tiga indeks saham utama AS turun lebih dari 1%.

Trump masih kecewa dengan penurunan suku bunga yang dianggap terlalu rendah

“Mengapa AS harus menurunkan suku bunga?”

Alasan utama, memperbaiki “suku bunga terbalik” dan menstabilkan perekonomian. Tahun lalu, tingkat kenaikan suku bunga The Fed relatif tinggi, dan intensitasnya terlalu besar. Menyebabkan kenaikan suku bunga jangka pendek, danfenomena “inversi suku bunga” lebih tinggi daripada suku bunga jangka panjang. Pada saat pilpres, stabilitas ekonomi telah menjadi fokus utama. Trumptelah meminta penurunan suku bunga beberapa kali. Penurunan suku bunga ini akanmengurangi biaya modal jangka pendek, dan mengoreksi fenomena inversi sukubunga.

Alasan Kedua,setelah penurunan suku bunga, bagaimana reaksi pasar?

Sebenarnya,data ekonomi AS masih relatif sehat. Dalam jangka pendek, pasar keuangan meragukan logika di balik penurunan suku bunga yang menyebabkan reaksi berlebihan, dan akhirnya kembali stabil.

Ketiga,apakah ini akan menjadi awal dari penurunan suku bunga global?

Sebagai jangkar biaya modal global, tingkat suku bunga pasar AS mempengaruhi pasokandan permintaan dan alokasi modal global. Adalah normal bagi negara lain untuk  “mengikuti” langkah Amerika Serikat. 

Namun,berdasarkan data ekonomi AS saat ini, probabilitas penurunan suku bunga yangsering dalam The Fed lebih kecil. Kurang tepat untuk menentukan secara prematur“siklus pemotongan tingkat entri global”.

Just likegrandma says, Tiongkok akan mempertahankan ritme kebijakannya sendiri. Dan tidak akan ada tindakan untuk saat ini. Namun, karena Tiongkok berada dalam periode pelonggaran kebijakan, probabilitas penurunan suku bunga di babak keduamasih besar.

The fed turunkan suku bunga, kemana IHSG hari ini?

Advertisements
Categories: the fed turunkan suku bunga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: