Variabel baru dunia keuangan

Variabel baru dunia keuangan mengenai Mata Uang Digital Facebook Libra dan White Paper atau Kertas Putih yang diumumkan pada tanggal 18 Juni 2019 mengejutkan Bank Sentral seluruh Dunia. Facebook, situs jejarig sosial terbesar didunia, Mata Uang Digitalnya pasti akan mempengaruhi segala segi kehidupan kita di Masa Depan.

Apa itu “White Paper atau Kertas Putih?”

White paper adalah sesuatu yang sangat mirip dengan Business Plan. Biasanya, setiap rilisan Aset Crypto akan selalu disertai dengan White Paper. Demikian juga, Libra tidak terkecuali.

Harap diingat, saya menggunakan kata “Aset terenkripsi” di sini daripada “mata uang digital.” Ini dikarenakan, banyak organisasi internasional telah mendefinisikan “mata uang digital pribadi” sebagai “Aset terenkripsi.”

Variabel baru dunia keuangan 

Dalam beberapa tahun terakhir, Mata Uang Digital telah menjadi sorotan Dunia. Pada awalnya, di mulai dari Bitcoin dan Ethereum. Kemudian diikuti dengan lembaga besar tradisional seperti JP Morgan dan Goldman Sachs juga telah merilis mata uang digital mereka sendiri.

Namun, tidak ada mata uang digital seperti Libra yang dapat menyebabkan ketegangan di kalangan Mata Uang dan Dunia Keuangan seluruh Dunia.

Setelah penerbitan Buku Putih Libra, banyak orang mulai berasumsi bahwa Libra akan   menjadi mata uang digital dalam sirkulasi global. Sebagian orang lainnya, mengatakan Libra akan bersaing dengan Alipay dan WeChat, Alat pembayaran elektronik dari China. Sebaliknya, Beberapa Regulator dan Bank Sentral di berbagai negara Asia dan Eropa telah dengan jelas menentang.

Sementara, ada sebagian negara mencoba memahaminya. Seperti, Perancis dan Jepang. Mereka juga telah membentuk Tim kerja khusus untuk mempelajari cara menangani tantangan ini.

Jika Anda telah merasakan perhatian dan ketegangan Dunia semacam ini, maka saya ingin mengatakan bahwa perasaan Anda sangat tepat. Ketegangan dunia tentang Libra ini bukan tidak beralasan. Karena memang memiliki alasan dan latar belakang yang nyata. Sebagai Tech-Savvy dan peneliti mata uang digital atau aset crypto, Ricky juga berpikir masalah ini sangatlah penting. 

Pertama-tama, White Paper Libra jelas mengatakan bahwa misi Libra adalah membangun mata uang tanpa batas, dengan infrastruktur keuangan yang melayani Miliaran orang di dunia. 

Infrastruktur keuangan ini memungkinkan setiap orang, ” tidak peduli dimana mereka tinggal, pekerjaan apa atau berapa penghasilan mereka, ketika mereka mentransfer dana kemanapun, akan menjadi sangat mudah, hemat biaya, dan bahkan lebih aman seperti mengirim pesan teks atau berbagi foto di ponsel. “

Infrastruktur Keuangan Libra dibangun atas tiga sistem:

Pertama, Sistem Teknis “Berdasarkan Teknologi Blockchain yang aman dan dapat diukur”. Dengan kata lain, teknologi dasarnya adalah Blockchain seperti Bitcoin dan Ethereum, Aset terenkripsi yang dibangun di atas Fondasi Blockchain.

Kedua, Sistem Nilai. Kertas putih mengatakan: ” Didukung oleh cadangan aset yang memberikan Nilai Intrinsik.” Artinya, berapa banyak mata uang Libra yang ingin Anda tukarkan, Anda harus menggunakan cadangan aset yang sesuai untuk hipotek. Aset ini termasuk sekeranjang mata uang berdaulat, termasuk obligasi pemerintah.

Dengan kata lain, Libra memiliki aset cadangan, yang sangat berbeda dari mekanisme penerbitan Bitcoin.

Variabel baru dunia keuangan
Variabel baru dunia keuangan tentang Mata Uang Digital Facebook Libra (Image:CNBC)

Ketiga, sistem pemerintahannya: ” Facebook Libra akan membentuk sebuah Asosiasi independen untuk mengelola Asosiasi 28 lembaga, dimana 28 Lembaga ini adalah Anggota pendiri Libra sendiri”.

“Misalnya, Lembaga apa saja?”

Selain Facebook sendiri, juga mencakup perusahaan Internet Raksasa seperti eBay dan Uber, serta Organisasi kliring kartu bank seperti Mastercard dan Visa, Lembaga pembayaran seperti PayPal, perusahaan telekomunikasi, lembaga investasi, organisasi nirlaba, dan lain sebagainya.

Singkatnya, Anggota Libra adalah konsorsium yang terdiri dari berbagai perusahaan Raksasa di berbagai bidang, serta organisasi multilateral lainnya, lembaga Akademik, dan organisasi nirlaba.

Sampai di sini, saya yakin mengapa Libra telah menyebabkan ketegangan bagi semua Bank Sentral setiap negara di dunia. Libra memiliki Misi yang sangat ambisius. Libra juga telah memasang spanduk keuangan inklusif. Termasuk persiapan Mekanisme tata kelola.

Ada beberapa poin Variabel baru dunia keuangan mengenai Libra, Umpamanya Facebook dan anak perusahaannya WhatsApp memiliki total 2,7 miliar pengguna. Ini berarti bahwa basis penggunanya dan kemampuan mobilisasi sosialnya sangat besar.

Kedua, Libra memiliki dukungan nilai, yang sangat berbeda dari aset crypto yang digunakan sebagai alat spekulatif di masa lalu. Libra memiliki potensi untuk menjadi mata uang dalam arti biasa.

Ketiga, Libra tidak hanya menargetkan Pasar Amerika Serikat, tetapi semua negara di dunia.

Just like grandma says, Variabel baru dunia keuangan mengapa kita harus memperhatikan Libra saat ini karena energinya dan ambisinya yang cukup besar untuk menggerakkan serta mengkalibrasi seluruh sistem moneter internasional.

Tentu saja, kita bukan mempromosikan teori konspirasi, tetapi saya pikir tidaklah berlebihan untuk melihat Libra sebagai potensi perubahan mata uang kelas dunia. Karena jika perubahan ini tidak ditangani dengan baik, sangat berkemungkinan membawa bahaya besar yang tersembunyi bagi setiap negara berdaulat seperti Indonesia.  

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.